World News

Di India Nyetir Sambil Main HP di Tindak Jika Sebabkan Kecelakaan

NEW DELHI, ISafetyMagz.com – Berkendara sambil bermain ponsel sangat berbahaya. Di negara mana pun berkendara sambil main ponsel dilarang keras. Tapi, di India berkendara sambil main ponsel tak masalah asal tidak menimbulkan kecelakaan.

Diberitakan Rushlane, Pengadilan Tinggi Kerala memutuskan bahwa menelepon sambil mengemudi tidak ilegal. Polisi tidak berwenang menilang kasus tersebut.

“Tidak ada ketentuan dalam Undang-Undang Kepolisian yang melarang orang berbicara melalui ponsel saat mengemudi. Maka orang yang melakukan ini tidak dianggap sebagai salah satu penyebab bahaya bagi publik,” kata hakim.

Keputusan itu dikeluarkan oleh Hakim A M Shaffique dan Hakim P Somarajan. Pengadilan Tinggi menyatakan bahwa berbicara di ponsel saat mengemudi bukanlah pelanggaran, kecuali terbukti telah berdampak buruk terhadap keselamatan publik.

Kalau mengemudi sambil main ponsel menyebabkan kecelakaan lalu lintas, maka pengendaranya baru ditindak. Kalau tidak ada kecelakaan yang timbul, polisi tidak berhak menilangnya.

Padahal, berkendara sambil main ponsel adalah tindakan yang sangat berbahaya. Banyak kecelakaan lalu lintas yang timbul akibat melakukan hal tersebut.

Sumber : https://oto.detik.com/mobil/d-4032990/nyetir-sambil-main-hp-di-india-cuma-ditindak-kalau-sebabkan-kecelakaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button