Fire SafetyTravelWorld News

Pesawat Singapore Airlines SQ368 Terbakar Usai Mendarat di Bandara Changi

SINGAPURA. ISafetyMagz.com – Pesawat milik maskapai Singapore Airlines (SIA) mengalami kebakaran mesin. Api yang berkobar di bagian kanan pesawat cukup besar dan sempat membuat penumpang panik.

Pesawat dengan nomor penerbangan SQ368 ini lepas landas dari Bandara Changi pada Senin 27 Juni 2016, pukul 02.05 waktu setempat. Pesawat mengudara dari Singapura menuju Milan, Italia dengan membawa 222 penumpang dan 19 awak pesawat.

Selang 2-3 jam pesawat mengudara, pilot mengumumkan pesawat akan terbang kembali ke Changi karena ada kebocoran bahan bakar di mesin bagian kanan pesawat. Salah satu penumpang bernama Lee Bee Yee, yang ada di dalam pesawat bersama suaminya, mengaku mencium bau bahan bakar yang kuat di dalam kabin.

“Pilot mengatakan dirinya akan menerbangkan pesawat kembali (ke Changi) karena mesin mengalami kebocoran bahan bakar di bagian kanan. Kapten mengatakan, mereka tidak bisa menyalakan mesin bagian itu atau pesawat akan bergetar. Dan mereka tidak bisa terbang seperti ini ke Milan… Itulah mengapa mereka terbang kembali,” ujar Lee seperti dilansir laman Channel News Asia.

“Kami sedang tidur dan tidak berpikir banyak soal hal itu,” imbuhnya.

Mengetahui kondisi itu, menurut Lee, seluruh penumpang malah bersorak ketika pesawat berhasil mendarat darurat di Bandara Changi pada pukul 06.50 waktu setempat. “Ketika kami mendarat di Changi, semua orang bertepuk tangan,” kenang Lee kepada media Singapura lainnya, todayonline.com.

Pesawat Singapore Airlines Penerbangan SQ368 Terbakar di Runway (FOTO: twitter/@dilah)

Namun tiba-tiba, lanjut Lee, muncul percikan api dan kemudian disusul kobaran api yang besar di bagian kanan pesawat. Munculnya api saat para penumpang masih berada di dalam pesawat, membuat mereka ketakutan.

“Saya berdiri, bersiap untuk berlari. Tapi pengumuman meminta kami tetap tenang dan tetap duduk di kursi. Para penumpang ketakutan, (tapi) tidak ada teriakan dan semua orang duduk di kursinya,” jelas Lee.

Ia menambahkan, penumpang harus menunggu selama 5 menit sebelum petugas pemadam tiba. Busa dan air disemprotkan ke mesin yang terbakar dan selang 10 menit kemudian api berhasil dipadamkan petugas. Seluruh penumpang dievakuasi dengan tangga darurat milik otoritas bandara Changi. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam insiden ini.

SIA Minta Maaf

Pihak maskapai SIA menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh penumpang atas insiden tersebut. SIA juga telah menyiapkan pesawat lain untuk menerbangkan para penumpang ke Milan.

Dalam surat pemberitahuan yang dibagikan kepada seluruh penumpang, seperti dilansir Straits Times, maskapai SIA meminta maaf atas insiden itu. SIA juga menyatakan, pihaknya akan bekerja sama penuh dengan otoritas dalam penyelidikan atas insiden ini.

Sebelumnya, SIA menyatakan indikasi peringatan bahan bakar pesawat menyala ketika pesawat sedang mengudara ke Milan, Italia pada Senin pagi. Pesawat yang membawa 222 penumpang dan 19 awak ini memutuskan terbang kembali ke Changi.

Sesaat setelah pesawat mendarat darurat di bandara Changi, sekitar pukul 06.50 waktu setempat, mesin pesawat sebelah kanan tiba-tiba terbakar. Petugas darurat berusaha memadamkan api yang membakar mesin pesawat itu. Untungnya tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam insiden ini.

“Penumpang dievakuasi melalui tangga pesawat dan dibawa ke gedung terminal dengan bus. Para penumpang akan dipindahkan ke pesawat lain yang dijadwalkan terbang ke Milan hari ini juga,” demikian pernyataan SIA.

Sumber: babe.topbuzz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button