BusinessEducationEvent HSERegional News

PT. Hino Motor Menggelar “Hino Dutro Safety Driving Competition” di Jakarta

JAKARTA, ISafetyMagz.com – PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), agen pemegang merek kendaraan Hino di Indonesia, kembali menggelar Hino Dutro Safety Driving Competition, di Jakarta. Kompetisi mengemudi aman dan efisien yang ditujukan untuk para pengemudi truk Hino Dutro (Hino300 Series) ini dilangsungkan selama dua hari berturut-turut, Rabu-Kamis (25-26/10/2017) di area parkir barat Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Jakarta merupakan kota ketiga penyelenggaraan event ini dari 10 kota yang ditargetkan. Dua event yang sama sebelumnya telah digelar di Kota Semarang dan Surabaya.

Kontes di Jakarta ini mengusung tagline ‘Handal Pengemudinya, Aman dan Maksimal Bisnisnya’ dan diikuti 160 pengemudi truk Hino Dutro.

Mereka sebagian besar adalah pengemudi truk yang bekerja di berbagai perusahaan jasa angkutan truk dan logistik konsumen loyal Hino Dutro di Jabodetabek, termasuk perusahaan trucking yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO).

Suasana kontes mengemudi aman Hino Dutro Safety Driving Competition untuk para pengemudi truk Hino Dutro di Parkir Barat, JIExpo, Kemayoran, Jakarta. (FOTO: Choirul Arifin/Tribun)

Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayanoki mengatakan, target utama kegiatan ini adalah untuk mengkampanyekan tentang mengemudi aman di jalan raya sejalan dengan upaya Kementerian Perhubungan RI mendorong kampanye mengemudi berkeselamatan di kalangan pengemudi angkutan barang dan penumpang.

“Mengantar barang sampai ke tujuan dengan selamat merupakan hal paling penting bagi kami, karena pengemudi merupakan aset bagi perusahaan. Jika pengemudi dapat membawa kendaraannya dengan aman, muatan yang diangkut bisa selamat sampai tujuan. Bisnis perusahaan pun berjalan lancar,” ungkap Hiroo Kayanoki.

Seperti penyelenggaraan di Kota Semarang dan Surabaya, kompetisi ini dibagi dalam dua sesi dalam dua hari kompetisi. Pada hari pertama, peserta menjalani ujian tulis untuk menguji pemahaman dan wawasan mereka dalam berlalu lintas, terutama aspek keselamatan dan keamanan berkendara.

Materi yang diujikan meliputi daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving dan pemahaman tentang rambu-rambu lalu lintas.

Memasuki hari kedua, peserta sudah disaring menjadi hanya 15 pengemudi terbaik yang lolos seleksi tes tulis di babak pertama. Mereka kemudian menjalani uji praktek di lapangan dengan mengemudikan truk Hino Dutro. Materi uji meliputi inspection test, yakni tes menyiapkan kendaraan sebelum dikemudikan, tes melintasi jalur sempit zig –zag dengan membawa truk Hino Dutro maju, lalu mundur dan teknik memarkir mundur truk.

Kompol Herman Ruswandi. Kasi Dikmas Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan, kontes ini bagus untuk memberikan edukasi terus menerus kepada pengemudi. “Dengan makin sering diadakannya edukasi seperti ini, kampanye tentang keselamatan mengemudi di jalan raya bisa lebih luas tersampaikan ke masyarakat, sekaligus membantu menekan angka kecelakaan di jalan raya,” ungkapnya.

Sumber: tribunnews.com/otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button