EducationOHSRegional News

PMI Menularkan Keahlian P3K Hingga Pedalaman Bandung

BANDUNG, ISafetyMagz.com – Sejumlah anggota korps sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung mengadakan bakti sosial kepada masyarakat dan petani di pedalaman Bandung. Salah satu lokasinya adalah Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Kawasan itu dinilai punya akses yang cukup jauh ke fasilitas kesehatan. Oleh sebab itu, para sukarelawan memberikan pelatihan mengenai pertolongan pertama. “Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pertolongan pertama pada masyarakat umum terutama di daerah yang sulit mengakses fasilitas kesehatan,” kata Komandan KSR PMI kabupaten Bandung, Dindin Hijratudin.

Menurutnya, hal ini dilakukannya untuk membekali para petani dengan berbagai keahlian pertolongan pertama untuk kesiapsiagaan kejadian sehari hari di lingkungan mereka.

Minimal sebelum pasien dibawa ke fasilitas kesehatan, warga bisa memberikan tindakan pertolongan pertama dulu. Sebab hal ini sangat dibutuhkan, terlebih lagi keseharian para petani ini yang rentan mengalami kecelakaan dan kasus kegawatdaruratan lainnya.

Dindin menambahkan, selain materi pertolongan pertama, para sukarelawan PMI juga memberikan materi perawatan keluarga (PK) di mana masyarakat diajarkan cara untuk menangani keluarga yang sakit di rumah dengan perlengkapan yang ada di sekitar rumah. Juga bagaimana menerapkan pola hidup bersih dan sehat bagi diri keluarga juga lingkungan.

Selain kepada para petani, sukarelawan PMI Kabupaten Bandung juga memperkenalkan pertolongan pertama pada sejumlah guru dan siswa di SDN Warnasari di Kecamatan Pangalengan

Hal ini bertujuan agar para guru dan siswa mengetahui cara-cara pertolongan yang baik dan benar. Sehingga tercipta lingkungan sekolah yang tanggap dalam menanggulangi keadaan yang membutuhkan pertolongan pertama. Seperti kecelakaan yang kerap terjadi di lingkungan sekolah.

Sama halnya seperti para petani di desa Neglasari, para siswa SD ini pun diajarkan bagaimana cara menjaga kebersihan diri. Seperti mencuci tangan pakai sabun dan menggosok gigi.

“Selain pemberian materi, sukarelawan PMI juga memberikan donasi berupa perlengkapan pertolongan pertama (Firts Aid Kit) kepada para petani dan juga sekolah dasar,” tambah Dindin.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program kerja pengurus Korps Sukarelawan (KSR) PMI Kabupaten Bandung bidang Bakti Sosial Masyarakat yang rencananya kegiatan serupa akan rutin dilaksanakan dan diutamakan untuk masyarakat terpencil yang sulit memperoleh akses ke fasilitas kesehatan.

Sumber: cnnindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button