Regional News

Menteri Perhubungan: Kepercayaan Asing pada Indonesia makin Bagus

JAKARTA, ISafetyMagz.com – Berita mengembirakan disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Peringkat keselamatan penerbangan Indonesia naik peringkat ke posisi 55 dari sebelumnya 150.

Seperti yang diketahui, Indonesia pernah di larang bergabung dengan Uni Eropa karena penilaian keselamatan penerbangan tidak memenuhi persyaratan keselamatan global.

Peningkatan tersebut berdasarkan hasil audit Universal Safety Oversight Audit Programme (USOAP) yang dilakukan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

ICAO melakukan audit lebih dari lima sektor, di antaranya mengenai bandara, mulai dari sistem pemeriksaan Bea dan Cukai, lalu lintas, hingga teknis detil lainnya.

Budi menerangkan, hasil audit tersebut telah menghasilkan penilaian yang cukup signifikan, yakni sekitar 81% yang sebelumnya hanya sekitar 50%.

“Ada suatu lonjakan ranking dari suatu bandara yang memenuhi kualifikasi. Harapan bagaimana kita jaga sebagai value yang harus dipertahankan kalau kita lalai, kita di-banned oleh negara-negara maju dan kita tidak bisa terbang ke sana,” jelas dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (FOTO: Yohanes P)

“Saya ingat rasa-rasanya dari 150 ke 55. Karena dari negara di seluruh dunia,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meresmikan Kota Baru Maja di Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Budi menambahkan, perbaikan peringkat keselamatan yang diraih Indonesia tersebut berpeluang dalam proses penambahan penerbangan ke negara-negara yang sebelumnya melarang maskapai Indonesia.

“Rating ini tentu kan dan kepercayaan asing pada Indonesia makin Bagus. Juga berkaitan dengan konektivitas Antara Indonesia dengan beberapa negara besar,” jelas Budi.

Budi juga mengimbau kepada seluruh operator maskapai di Indonesia agar menjalankan aturan keselamatan di sektor perhubungan udara.

“Saya imbau operator harus tertib, semua dengan rule of game yang benar, juga konsumen, supaya orang yang datang kalau diperiksa itu jangan marah-marah ya, ini suatu kebanggaan yang harus kita jaga,” tukas dia. (Alecia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button