Regional News

Longsor di Kulon Progo Menimpa Rumah, 1 Warga Tewas

KULON PROGO, ISafetyMagz.com – Tebing longsor yang terjadi di Dusun Ngruni, Pengasih, Kulon Progo, Sabtu (25/11/2017) dini hari. Bernaditus Setyo Tri Priyatno (32) tewas setelah tertimbun dinding rumah yang dihuninya ambrol terkena longsoran tebing setinggi delapan meter.

Tak hanya itu, dua orang penghuni rumah juga mengalami luka-luka, yakni istri korban, Riyani (30) dan adiknya, Rio Praditya Andika Diotama (12). Sedangkan pemilik rumah sekaligus mertua korban, Subarjo (56) dan istrinya Kamsinem (48) berhasil lolos dari maut.

“Kejadian sekitar pukul 01.30 WIB, terdengar suara benturan saya langsung lari,” kata Subarjo, ditemui wartawan di lokasi kejadian.

Dijelaskannya, waktu kejadian korban Setyo tengah tidur di kamarnya. Posisi tempat tidur memang berada di sisi tembok sebelah barat, bersebelahan langsung dengan tebing berjarak sekitar satu meter. Saat tebing longsor, material longsoran langsung menerjang dinding rumah dan menimpa korban dari kepala hingga perut.

“Saat itu tangannya (Setyo) masih kelihatan, saya bersihkan tanah yang menutup mukanya dan sempat berbicara minta tolong. Tetangga langsung datang membantu dan membawa ke rumah sakit, saya tidak tahu meninggalnya saat posisi di mana,” jelas Subarjo.

Subarjo dan istrinya yang tidur di kamar sebelah berhasil menyelamatkan diri karena posisi tempat tidur cukup jauh dari dinding yang diterjang longsoran. Sedangkan istri korban, Riyani dan Rio hanya menderita luka lecet pada tangan sampai pundak.

Diakuinya, sebelum kejadian tidak terlihat tanda-tanda tebing bakal longsor. Namun, sejak Jumat (24/11) pagi hingga malam wilayah Kulon Progo memang diguyur hujan tanpa henti.

“Saat kejadian juga masih hujan, tapi hanya gerimis, tak begitu deras,” imbuhnya.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button