Regional News

Tanggul Darurat Jebol, 50 Rumah Terendam Banjir di Jatipadang

JAKARTA, ISafetyMagz.com – Sebanyak 50 rumah di RW 06, Jatipadang, Jakarta Selatan, kebanjiran akibat tanggul darurat jebol. Petugas akan menutup lubang tanggul Kali Pulo malam ini.

“Warga yang kena dampak ada sekitar 50 rumah yang tergenang dan yang mengungsi ada sebanyak 23 warga, ada balita, anak-anak,” kata Camat Pasar Minggu Agus Irwanto di lokasi, Senin (11/12/2017).

Warga yang rumahnya kebanjiran saat ini mengungsi di Musala Sabili. Agus memastikan petugas akan menangani tanggul jebol malam ini dengan memasang bronjong, yakni anyaman kawat berlapis yang berfungsi memperkuat tebing tanah.

“Kita akan buat tanggul yang kokoh lagi. Kemarin hanya menggunakan bronjong satu lapis, sekarang kita gunakan tiga lapis,” sambung Agus.

Untuk penanganan jangka panjang, warga lewat pertemuan musyawarah menyepakati normalisasi Kali Pulo. Warga, menurut Agus, meminta agar pengerjaan normalisasi Kali Pulo dibagi dalam sejumlah tahap pengerjaan.

“Saya juga menawarkan penanganan konkret, pemerintah akan buatkan rumah susun, kemudian pemerintah akan buat embung dan taman interaktif dan juga sekolah yang layak yang sekiranya tidak tergenang lagi atau kena banjir lagi,” terang Agus.

Malam ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi jebolnya tanggul di RT 03 RW 06. Anies juga menemui warga yang mengungsi di Musala Sabili.

“Tim Tata Air sudah saya instruksikan menutup tanggul yang jebol,” ujar Anies saat meninjau permukiman yang kebanjiran.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button