Regional News

Bagaimana Pengawasan Pabrik EBT? 15 Ribu Liter Bioetanol Terbakar & Meledak

MOJOKERTO, ISafetymagazine.com – Sebuah tangki berisi 15 ribu liter bioetanol milik PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Jl Raya Gedeg, Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, terbakar dan meledak, Senin (10/8/2020) sore.

Kejadian itu mengakibatkan seorang pekerja meninggal dunia di lokasi dan 10 pekerja lainnya menderita luka bakar. Penyebab kebakaran dan ledakan masih diselidiki aparat terkait.

Korban tewas teridentifikasi bernama Dian W, warga Desa kemantren, Kecamatan Gedeg, Mojokerto.

“Data sementara 1 orang meninggal dan luka bakar ada 10 orang di rawat di RS Basoeni, dua di antaranya kondisi kritis dari RSUD RA Basoeni dirujuk ke RS Gatoel Kota Mojokerto,” jelas Yanuar, petugas dari BPBD Mojokerto di lokasi kejadian.

Bagaimana Pengawasan Pabrik EBT?

Peristiwa ini menjadi peringatan bagi kita semua, bagaimana tingkat pengawasan di pabrik migas alternatif atau energi baru terbarukan (EBT).

Ledakan yang bersumber dari salah satu tangki bioetanol milik PT. Enero tersebut terdengar sangat keras. Para saksi mata mengatakan, ledakannya terdengar hingga radius 1 km dan mengakibatkan setidaknya 10 unit rumah warga sekitar mengalami kerusakan.

Informasi didapat dari salah satu warga yang dekat dengan lokasi pabrik, suara ledakan terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Selain ledakan, warga juga dikejutkan dengan kobaran api menyala begitu besar di area belakang perusahaan yang juga dekat dengan pemukiman warga.

Sumber gambar: http://enero.co.id

Sebelum terjadi kebakaran, sempat beberapa kali ada ledakan yang membuat warga sekitar panik berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Sementara jalan-jalan di sekitar lokasi pabrik kini ditutup warga setempat.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP  Deddy Supriyadi mengatakan, sumber ledakan dan kebakaran berasal dari sebuah tangki yang berisi cairan bioetanol berkapasitas 15 ribu liter milik PT Enero tersebut. “Kita masih lakukan penyelidikan apa penyebab kejadian tersebut,” kata Kapolres Mojokerto Kota.

Namun kuat dugaan, asal api dan ledakan bersumber dari proyek pengerjaan konstruksi dan pipanisasi oleh pihak ketigas di PT Enero. Saat pengerjaan itu lah terjadi percikan api yang kemudian menyambar tangki.

Baca juga kepemimpinan menurut ahli K3 kelas dunia!

Bioetanol adalah salah satu bentuk energi terbaharui yang dapat diproduksi dari tumbuhan seperti tebu, kentang, singkong, dan jagung. Belakangan menjadi energi alternatif, utamanya digunakan sebagai bahan bakar (biofuel).

Dalam kurun waktu tujuh tahun, produksi bioetanol dunia meningkat 3 kali lipatdari 17 miliar liter pada 2000 menjadi 52 miliar liter pada 2007. (lutfi syawal)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 9 =


Back to top button