i-Expert

K3: Merdeka dari Kecelakaan!

Generasi mendatang wajib dilindungi dan diberi jaminan bahwa kehidupan di segala bidang akan lebih aman

JAKARTA, ISafetymagazine.com – Sehari lagi, Senin besok 17 Agustus 2020, kita akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD 1945, Bapak Pendiri Bangsa bercita-cita: terciptanya bangsa Indonesia yang bebas, adil, dan makmur, gemah ripah loh jinawi material dan spiritual.

Salah satu tujuannya adalah melindungi keselamatan masyarakat agar hidup aman, bebas dari bahaya dan bencana.

Selama 75 tahun Indonesia merdeka kemajuan telah dicapai dalam semua aspek kehidupan politik, ekonomi, sosial, pendidikan, budaya,  dan sebagainya.

Dalam bidang K3, selama perjalanan sejarahnya, banyak yang telah dicapai dan dilakukan pemerintah sejak menerbitkan UU No 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja pada 12 Januari 1970.

Dalam bidang k3 banyak yg telah di capai dan dilakukan pemerintah bahkan sejak tahun 1970 menerbitkan UU Keselamatan kerja yang terkenal. Tetapi apakah semua aspek keselamatan seperti Keselamatan Umum, Keselamatan Lingkungan, Keselamatan Makanan, Keselamatan Transportasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dll, sudah terpenuhi?

Tentu belum. Masih banyak kecelakaan dan bencana menimpa rakyat. Setiap tahun lebih 30 ribu tewas di jalan raya dan 3.000 orang lainnya meninggal di tempat kerja.

Ilustrasi kecelakaan di tempat kerja yang masih terus terjadi

Belum lagi di tempat-tempat umum. Banyak murid yang celaka di sekolah, rakyat dilanda banjir, kebakaran di pemukiman, dan masih banyak lagi. Dalam pandemi Covid-19 ini, ribuan pula rakyat terkena dampaknya.

Baca juga Mobil Travel ‘Maut’ Dipastikan Tak Laik Jalan & Ilegal!

Artinya, merdeka dari kecelakaan belum sepenuhnya terwujud. Generasi mendatang wajib dilindungi dan diberi jaminan bahwa kehidupan di segala bidang akan lebih aman.

Keselamatan harus menjadi perhatian segenap elemen bangsa, kepedulian, dan menjadi budaya masyarakat. (Soehatman Ramli)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 8 =


Back to top button