Event HSEOHSPress ReleaseRegional NewsUncategorized

Keren! FMK3N gandeng WSO Indonesia Selenggarakan Safety Lecture

Safety lecture

JAKARTA, Isafetymagazine.com – Forum Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (FMK3N) bekerja sama dengan World Safety Organization (WSO) Indonesia menyelenggarkan “Safety Lecture” secara virtual senin malam (7/9/20) 19.30 WIB.

Latar belakang Safety Lecture

Dalam acara yang dimoderatori langsung oleh ketua panita safety lecture ini, Jefta Nababan (FMK3N) menjelaskan bahwa, safety lecture pada dasarnya adalah gabungan dari salah satu program WSO Indonesia yaitu WSO goes to School dengan Program FMK3N Upgrading Skill. “…dari itu (kedua program tersebut) di combine-lah menjadi safety lecture”, Jelas Jefta.

Latar belakang Safety Lecture

Direktur World Safety Organitation Chapter Indonesia, Soehatman Ramli, S.K.M., MBA., Dipl.SM. yang didapuk sebagai narasumber sharing session 1 juga menyampaikan, sebenarnya WSO goes to school sudah 4 kali berjalan, namun karena pandemic covid-19, WSO goes to school menjadi terhenti.

“tujuannya (WSO goes to school) untuk sharing ilmu dari senior-senior agar ilmunya dapat diestaftkan kepada yang muda- muda. Olehnya, WSO bekerjasama dengan FMK3N untuk menjalankan program WSO goes to school” Terang Soehatman Ramli

Jika dahulu, WSO goes to school dikhususkan kepada siswa/mahasiswa, maka Safety Lecture membuka kesempatan kepada khalayak umum untuk mengikuti kegiatan ini. Artinya, para praktisi, akademisi dan apapun latar belakangnya, pun dapat ikut berpartisipasi.

Lebih lanjut, disinggung oleh Soehatman Ramli dalam pemaparan materinya bahwa untuk kerja di Industri proses, seperti di kilang, di pabrik pupuk dll, maka membaca P&ID menjadi suatu keharusan bagi seorang professional safety dan  hal ini tidak diajarkan oleh semua perguruan tinggi. Olehnya itu dalam session 1 tema yang diusung adalah process safety. Diharapkan dapat menjadi modal bagi mahasiswa untuk bekerja nanti.

Namun demikian, program safety lecture sama seperti kuliah umum, yang mana tema yang dipaparkan dibagi kedalam beberapa modul. “module 1 kita bahas overview process safety” tegas soehatman ramli dalam acara yang dihadiri oleh ±120 peserta ini.

Sebagai kelanjutannya, Safety Lecture akan dilaksanakan 2 minggu sekali dan Free!

Jefta yang juga diketahui sebagai salah satu inisiator berdirinya FMK3N menerangkan bahwa safety lecture ini rencanya aka dilaksanakan setiap 2 minggu sekali, dan tidak dipungut biaya untuk mengikutinya.

Jefta Nababan

“Kegiatan ini tidak dipungut biaya tapi bagi yang membutuhkan e-certificate dapat menghubungi panitia” terang Jefta.

Baca juga:

Untuk di ketahui, FMK3N sebagai forum komunikasi mahasiswa K3 lintas universitas ini memiliki 4 tujuan:

  1. Mempererat persaudaraan antara mahasiswa/i K3 tingkat nasional
  2. Meningkatkan keilmuan K3 dari pada penegak forum kepada generasi muda Indonesia
  3. Membentuk karakter K3 daripada penegak forum kepada generasi muda Indonesia
  4. Meningkatkan budaya K3 dari pada penegak forum kepada generasi muda Indonesia

Dan saat ini telah tergabung 28 kampus (peminatan/prodi K3) dari seluruh Indonesia di dalam FMK3N. (Isafety/Andi Balladho Aspat Colle)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 2 =


Back to top button