Regional News

Suspension Tower SUTET Roboh, 4 Pekerja Tewas Terjatuh dari Ketinggian 30 Meter

SUMEDANG, ISafetymagazine.com  – Hanya berselang dua hari setelah peristiwa kebakaran disertai ledakan tangki bioethanol di Mojokerto, Jawa Timur, yang menewaskan seorang pekerja meninggal dunia, kecelakaan kerja fatal kembali terjadi.

Kali ini terjadi di proyek konstruksi tower listrik Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) milik PT PLN (Persero) di Dusun Pasir Angin, Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020) petang.

Dari informasi yang dihimpun, kecelakaan kerja yang terjadi itu berupa robohnya tiang penyangga (suspension tower) SUTET. Akibatnya, empat pekerja yang sedang berada di ketinggian sekitar 30 meter, terhempas dan jatuh.

Ilustrasi tower listrik

Wawan (42) dan Andri (26) langsung meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan dua pekerja lagi, Yadi (40) dan Mansyur (60) mengembuskan napas terakhir sesaat setelah sempat menjalani perawatan di Puskesmas Tanjungsari. Keempat pekerja tersebut merupakan warga Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menurut keterangan saksi mata bernama Denny Abdullah (38), kecelakaan kerja itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Kepada sejumlah wartawan di lokasi kejadian, Denny yang merupakan warga setempat menjelaskan, keempat korban merupakan pekerja yang tengah membongkar tower SUTET milik PT PLN (Persero).

Denny menuturkan, peristiwa itu terjadi ketika empat pekerja nahas tersebut sedang melakukan pembongkaran tower tiang kedua.  Tiba-tiba saja tower SUTET itu roboh.

“Keempat pekerja yang sedang bekerja di atas tower, ikut terjatuh. Dua pekerja tewas di lokasi kejadian, dan dua orang lagi meninggal di Puskesmas Tanjungsari,” kata Deny yang memperkirakan keempat pekerja tersebut terjatuh dari ketinggian sekitar 30 meter.

“Tiba-tiba sling (kawat baja) yang di bawah, yang di sawah, terlepas. Slingnya engak kuat nahan, soalnya tanahnya labil, jadi nggak kuat,” sambung Denny sebagaimana dilansir notif.id.

Kapolsek Tanjungsari Kompol Deden membenarkan peristiwa kecelakaan kerja yang merenggut nyawa empat pekerja itu. Deden menyebut keempat korban itu warga Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

“Iya betul, kejadiannya empat orang meninggal dunia, Itu SUTET listrik, berdasarkan laporan warga kejadian sekitar pukul 17.30 WIB. Sekarang semuanya ada di Puskesmas Tanjungsari,” kata Deden.

Deden mengatakan, hingga kini pihaknya belum bisa memastikan kronologi maupun penyebab pasti kecelakaan kerja tersebut. Menurutnya, polisi masih terus melakukan penyelidikan dan mencari keterangan saksi di lokasi kejadian.

“Untuk penanganan sama penyelidikan nanti dilakukan sama Polres. Kita belum bisa menyampaikan (penyebabnya), sekarang masih tahap penyelidikan,” kata Deden.

Suspension Tower merupakan tower yang berfungsi menyangga daya berat dari peralatan listrik yang ada di tiang tersebut. Pada SUTET tower transmisi 500 kV, suspension tower (tower tipe AA) memiliki rentang bobot 90 – 120 ton dengan tinggi 76 – 100 meter. (achmad bachrun)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 4 =


Back to top button
Close
Close