Event HSEOHSPress Release

Perusahaan Berbudaya K3: WSO Indonesia Gelar WISCA 2020

WISCA (WSO Indonesia Safety Culture Award) untuk Indonesia berbudaya K3 kelas dunia!

Jakarta, ISafetymagazine.com – Setelah sempat mengalami penundaan karena pandemi Covid-19, acara pemberian penghargaan perusahaan berbudaya K3 (WISCA/WSO Indonesia Safety Culture Award) 2020, akhirnya bisa terlaksana pada 5 Agustus 2020.

Penyelenggaraan acara disesuaikan dengan situasi pandemi dan disesuaikan dengan protokol pencegahan Covid-19 yaitu tidak dilakukan secara berkumpul (social distancing) di suatu tempat. Melainkan digelar secara daring (online) melalui aplikasi Zoom Cloud.

Berbagai Apresiasi atas di gelarnya WISCA 2020

Acara WISCA 2020 yang merupakan gelaran perdana WSO Indonesia dihadiri langsung oleh President Director WSO International Mr. Alfredo A. De La Rosa, Jr. (Mr, Jojo) yang sudah stand by di depan laptopnya dari markas WSO di USA.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PNK3) Ditjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan Dr. Ghazmahadi, Wakil Ketua DK3N Dr. Rudiyanto, sejumlah Direktur dan pimpinan perusahaan penerima sertifikat WISCA 2020, sejumlah anggota DK3N, dan anggota WSO Indonesia.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh perwakilan dari Kemnaker, Direkur PNK3 Ghazmahadi menyebutkan tentang pentingnya aspek K3 khususnya di tempat kerja dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan dalam situasi hidup berdampingan dengan virus corona di masa Kenormalan Baru (New Normal) saat ini.

Pada kesempatan itu, Ghazmahadi menyambut baik acara WISCA 2020 yang diselenggarakan WSO Indonesia. Acara WISCA, kata Ghazmahadi, sejalan dengan program pemerintah dalam upaya mewujudkan tercapainya kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3. 

Sambutan hangat juga mengalir dari Wakil Ketua DK3N Dr. Rudiyanto. DK3N, kata Rudiyanto, mendukung program-program yang selama ini dijalankan WSO Indonesia. Bahkan DK3N-WSO Indonesia selama ini sudah sering berkolaborasi dalam upaya memajukan K3 Indonesia.

WISCA 2020
President Director WSO International Mr. Jojo dalam sambutannya

Dari Amerika Serikat, Mr. Jojo menyampaikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada WSO Indonesia yang dinilainya telah meluncurkan program nyata di Indonesia. Yaitu mendukung program pemerintah Indonesia dalam upaya membuayakan K3 dalam kehidupan masyarakat.

Tujuan penyelenggaraan WISCA 2020

Sementara itu, perwakilan WSO Indonesia Soehatman Ramli menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan acara tersebut. WISCA 2020 merupakan salah satu dari sejumlah program WSO Indonesia.

“Program ini (WISCA) telah dimulai sejak tahun 2019 dan bertujuan untuk mendorong agar perusahaan menjalankan budaya K3 di lingkungan perusahaannya sehingga diharapkan kinerja K3 menjadi meningkat,” kata Soehatman.

Adapun tujuan penyelenggaraan WISCA adalah sebagai berikut:

  • Mendukung program pemerintah menuju kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3.
  • Menjalankan misi WSO “Making Safety a Way of Life . . . Worldwide”.
  • Memberikan apresiasi dan penghargaan bagi perusahaan yang telah menjalankan budaya K3 dalam operasinya.
  • Membantu perusahaan untuk meningkatkan budaya K3.
WISCA 2020
Keselamatan sebagai jalan hidup

Dua kategori penghargaan dalam WISCA 2020

Soehatman menjelaskan, penghargaan perusahaan berbudaya K3 dalam WISCA 2020 dibagi menjadi dua kategori. Pertama, untuk semua perusahaan yang telah menjalankan budaya K3 dalam operasinya. Penghargaan diberikan WSO Indonesia dalam bentuk sertifikat.

Kategori kedua, untuk perusahaan yang telah melakukan pengukuran level budaya K3. Penghargaan kategori kedua ini terbagi menjadi 3 level, yaitu:

1. Penghargaan Perunggu (Bronze Awards)

Diberikan kepada perusahaan yang sudah mencapai budaya K3 level 3 (Calculate).

2. Penghargaan Perak (Silver Awards)

Diberikan kepada perusahaan yang sudah mencapai budaya K3 level 4 (Proactive).

3. Penghargaan Emas (Golden Awards)

Diberikan kepada perusahaan yang sudah mencapai budaya K3 level 5 (Generative).

Daftar perusahaan penerima WISCA Awards tahun 2020

Acara WISCA 2020 yang merupakan gelaran perdana, diikuti oleh 27 perusahaan dari berbagai sektor industri di Indonesia. Ia berharap gelaran WISCA mendatang, perusahaan yang ikut jumlahnya lebih banyak lagi.

Contoh sertifikat WISCA yang diberikan kepada PT. Pertamina EP

Kepada setiap peserta, pihak WSO Indonesia tak memungut biaya apapun alias free of charge. Syaratnya, telah menjalankan budaya K3 dan bersedia untuk dilakukan verifikasi telah menerapkan budaya K3 dan telah menjalankan SMK3.

Berikut daftar perusahaan penerima WISCA Awards tahun 2020:

A. Kategori Perusahaan yang Telah Menjalankan Budaya K3 dalam Operasinya (Implemented Safety Culture Program within their Organization)

  • PT. Keppel Land Indonesia
  • PT. Waskita Beton Precast, Tbk
  • PT. Waskita Karya Infrastruktur
  • PT. Waskita Karya Realty
  • PT. Waskita Toll Road
  • PT. Jakarta Tank Terminal
  • PT. Brantas Abipraya (Persero)
  • PT. Ciputra Residence

B. Kategori Perusahaan yang Telah Melakukan Pengukuran Budaya K3 (Implemented Safety Culture Program within their Organization and Achieve)

a. Bronze Awards (Level 3/Calculative)

  1. PT MC PET Film Indonesia

b. Silver Awards (Level 4/Proactive)

  1. PT Waskita Karya (Persero) Tbk
  2. PT Nusantara Regas
  3. PT Pertamina RU III Plaju
  4. Direktorat Mega Proyek Pengolahan & Petrokimia, PT Pertamina (Persero)
  5. PT Harmoni Panca Utama
  6. PT Kereta Api Indonesia (UPT Balai Yasa Surabaya Gubeng)
  7. Petrogas (Basin) Ltd
  8. JOB Pertamina – Medco Tomori Sulawesi
  9. PT. Pertamina Geothermal Energy (Area Karaha Bodas)
  10. PT. Pertamina EP Cepu
  11. PT. Syngenta Indonesia
  12. PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk
  13. PT. Yasulor Indonesia

c. Golden Awards (Level 5/Generative)

  1. PT. Sugizindo
  2. PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Prambanan Factory)
  3. PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Yogyakarta Factory)

Paspor K3, WSO Indonesia Safety Passport (WISPASS)

Pada kesempatan itu, selain penyerahan penghargaan secara simbolis kepada para perusahaan penerima WISCA Awards 2020, dilakukan peluncuran Paspor K3 bernama WSO Indonesia Safety Passport (WISPASS).

Menurut Mr. Jojo, Safety Passport merupakan program yang belum lama diluncurkan WSO International. Selain di Indonesia, Safety Passport sebelumnya sudah diluncurkan dan dijalankan di sejumlah negara seperti Filipina, Kanada, dan lainnya.  

Program Safety Passport ditujukan untuk dua kategori. Yaitu seluruh pekerja non-K3 dan untuk praktisi K3. Tujuannya, mendukung budaya K3 di perusahaan.

WSO WISPASS
Klasifikasi WSO Indonesia Safety Passport (WISPASS)

Menurut Soehatman, untuk kategori pekerja non-K3, dikeluarkan pasport berwarna kuning yang menyatakan bahwa seseorang telah memahami K3 dan wajib mengkuti pelatihan Basic safety secara online.

Paspor ini diharapkan dapat membantu meningkatkan budaya safety di kalangan para pekerja, setidaknya dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Sekaligus dapat digunakan sebagai pelengkap dalam mencari pekerjaan. Inilah uniknya dari Safety Passport,” kata Soehatman.

Lewat Paspor K3 itu, Soehatman menambahkan, pihak perusahaan yang dituju si pekerja yang mencari pekerjaan, bisa langsung mengetahui bahwa si calon pekerja sudah mendapatkan pelatihan tentang dasar-dasar K3.

Sedangkan untuk Praktisi K3, WSO mengeluarkan paspor dengan tiga kategori. Yaitu paspor hijau, biru, dan emas.

Paspor Hijau diberikan kepada praktisi K3 yang berpengalaman di bawah 5 tahun atau fresh graduate. Paspor Biru diberikan kepada praktisi K3 dengan  pengalaman di atas 5 tahun dan telah memiliki minimal satu sertifikat kompetensi dari instansi berwenang.

Selanjutnya yang paling tinggi adalah Paspor Emas. Paspor ini diberikan kepada praktisi K3 dengan masa kerja di atas 10 tahun dan memiliki sertifikat kompetensi tertentu.

“Diharapkan dengan memiliki paspor K3, ada dorongan untuk selalu meningkatkan kompetensi dan juga sebagai media untuk berkomunikasi dengan ahli K3 di negara lain,” imbuh Soehatman. (achmad bachrun)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 2 =


Back to top button