APD Alat Pelindung Diri

5 APD Dipakai Petugas Damkar Guna Terhindar dari Kecelakaan Kerja

Respirator atau SCBA sebagai alat yang membantu petugas damkar bernapas secara aman di dalam wilayah yang banyak asap.

Jakarta, isafetymagazine.com – Para petugas pemadam kebakaran (damkar) mesti menggunakan alat pelindung diri (APD) supaya tidak terhindar dari kecelakaan kerja seperti risiko cedera. Musibah ini bisa terjadi akibat pemantik api dan gas seperti korsleting listrik.

“Alat pelindung kebakaran inilah yang melindungi petugas agar bisa selamat saat memadamkan api maupun saat mengevakuasi korban kebakaran,” kata Penulis Safety World, Elizabeth Sarah dalam laman resminya pada Senin (26/6/2023).

APD yang dipakai petugas damkar antara lain helm rescue, coverall (baju dan celana) pemadam kebakaran, respirator atau Self Contained Breathing Apparatus (SCBA), sarung tangan pemadam kebakaran, dan sepatu.

Helm rescue pemadam berfungsi melindungi area kepala, wajah, dan mata dari api dan asap di wilayah kebakaran. Untuk coverall dipakai petugas damkar saat memasuki area yang penuh dengan kobaran api dan untuk melakukan proses evakuasi korban.

Respirator atau SCBA sebagai alat yang membantu petugas damkar bernapas secara aman di dalam wilayah yang banyak asap.

Sarung Tangan Pemadam Kebakaran dipakai petugas damkar guna memudahkan mobilitas petugas damkar tanpa khawatir beresiko cedera pada area tangan. Terakhir, sepatu safety berbentuk sepatu boots guna memberikan perlindungan kepada kaki secara maksimal. (adm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button