ProdukSafety ManagementTechTeknologi

DK3N-ILO Luncurkan YOUTH4OSH.site

Web Portal K3 Pekerja Muda

JAKARTA, isafetymagz.com – Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) bersama Organisasi Buruh Dunia/ILO (International Labour Organization) Indonesia-Timor Leste, meluncurkan YOUTH4OSH.site di Jakarta, Kamis (27/2/2019).

Peluncuran YOUTH4OSH.site dilakukan berbarengan dengan acara peluncuran “Profil K3 Nasional di Indonesia 2018” oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan ILO Indonesia-Timor Leste.

Menurut Afrizal dari Sekretariat DK3N, YOUTH4OSH.site merupakan sebuah web portal K3 bagi pekerja muda di Indonesia. “Ini (YOUTH4OSH.site) merupakan proyek dari ILO dan DK3N yang bekerjasama dengan serikat pekerja dan Youth Champions Indonesia,” kata Afrizal dalam sambutannya.

AFRIZAL

Kepada isafetymagz.com, Afrizal menjelaskan bahwa pihak DK3N dan ILO Indonesia-Timor Leste membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun untuk membangun web portal YOUTH4OSH.site. “Pertama kali diperkenalkan ILO Indonesia-Timor Leste kepada DK3N pada April 2018 dan baru diluncurkan pada hari ini, 27 Juni 2019 atau lebih dari satu tahun dua bulan,” katanya.

Afrizal berharap, YOUTH4OSH.site mampu menjembatani antara kepentingan pekerja muda, pengusaha, dan pemerintah, terkait isu-isu K3 di Indonesia. “Selama ini kita tahu bahwa Indonesia belum memiliki komunikasi toolboxes yang mampu menembus gap antara serikat pekerja, pengusaha, dan pemerintah. YOUTH4OSH.site diharapkan mampu memangkas gap tersebut,” kata Afrizal.

“Selama ini yang terjadi adalah pekerja tidak mampu memberikan kritik atau masukan kepada pengusaha dan atau pemerintah karena keterbatasan akses komunikasi. Dengan portal ini, pekerja mampu berkomunikasi langsung dengan stakeholder yang diinginkan. Lebih jauh, diharapkan output yang dihasilkan adalah terciptanya budaya K3 di kalangan pekerja muda Indonesia melalui pengetahuan dan informasi seputar K3 yang bisa diakses di website ini,” papar Afrizal.

Dalam membangun web portal tersebut, sambung Afrizal, DK3N dibantu oleh Fadllil Kaafi, seorang Youth Champions Indonesia yang memiliki talenta tinggi di bidang pengembangan web portal.

FADLLIL KAAFI

Menambahkan keterangan Afrizal, Fadllil menjelaskan, website YOUTH4OSH.site merupakan website K3 bagi para pekerja muda di Indonesia yang kredibel. Sebab website tersebut diasuh oleh orang-orang yang ahli di bidang K3, praktisi K3, institusi pemerintah, akademisi, asosiasi profesi, dan sebagainya yang merupakan para anggota DK3N.

“Pengguna web bisa mengakses informasi K3 dan berdiskusi langsung dengan para pakarnya,” kata Fadllil Kaafi.

So, bagi para pekerja muda Indonesia, segera buka YOUTH4OSH.site untuk mengakses aneka informasi tentang K3. (Hasanuddin)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 4 =


Back to top button
Close
Close