Health

Nakes Dipatok Vaksinasi Covid-19 Minggu Depan

Jakarta, isafetymagazine.com – Pemerintah mulai melakukan persiapan vaksinasi Covid-19. Kebijakan ini ditempuh dengan mendata penerima vaksin Covid-19 tahap pertama.

“Kita mulai dengan SMS edukasi pada tanggal 31 Desember 2020,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi pada Sabtu (2/1/2021).

Tenaga kesehatan yang menerima SMS blast diminta mengisi formulir dengan nomor induk kependudukan (NIK). Dari hal tersebut dapat diketahui apakah mereka sudah masuk dalam sasaran vaksinasi.

Jika tenaga kesehatan tersebut tidak terdaftar, maka Kemenkes akan menginformasikan kepada dinkes kabupaten/kota, rumah sakit, Puskesmas atau klinik.

Kemudian, data itu disampaikan ke sistem informasi kesehatan. Semua proses itu dilakukan sambil menunggu BPOM menerbitkan izin penggunaan vaksin Covid-19.

“Kita lakukan sesuai dengan jadwal sekitar pekan kedua kita sudah bisa mulai melakukan vaksinasi ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Kemenkes mengirimkan SMS blast kepada para penerima vaksin tahap pertama, terutama kepada tenaga kesehatan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan pemerintah berencana mendistribusikan vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia. Dari kebijakan ini diharapkan tenaga kesehatan sudah divaksinasi sebelum bekerja pada Januari 2021. (ant/adm)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button