Safety ManagementWorld News

Pabrik Kimia di Ceko Meledak, 6 Orang Tewas

PRAHA, ISafetyMagz.com – Enam orang tewas akibat ledakan di sebuah pabrik kimia di Republik Ceko. Sejumlah orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden ini.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (22/3/2018), ledakan dilaporkan terjadi di salah satu kilang minyak di pabrik yang dimiliki kelompok Unipetrol. Kepolisian setempat menyatakan dinas darurat telah dikerahkan ke lokasi ledakan di Kralupy nad Vltavou.

Seorang juru bicara Unipetrol, Pavel Kaidl, mengkonfirmasi via telepon bahwa sebuah ledakan memang terjadi di pabriknya yang ada di area Kralupy nad Vltavou, yang berjarak sekitar 31 kilometer dari ibu kota Praha.

“Saya bisa mengkonfirmasi bahwa terjadi sebuah insiden di kilang kami di Kralupy nad Vltavou … Rapat pengelolaan krisis sedang berlangsung,” sebut Kaidl. Kaidl tidak banyak mengungkap rincian soal insiden ini. Dia tidak menyebut apakah ada operasi tertentu yang sedang berlangsung di pabrik itu saat ledakan terjadi.

Diketahui bahwa kilang pada pabrik kimia Unipetrol di Kralupy nad Vltavou ini mampu menampung 3,2 juta ton minyak per tahun. Unipetrol mengoperasikan satu pabrik kimia lainnya di Litninov yang ada di bagian utara Ceko.

Dalam keterangan terpisah, juru bicara Dinas Pemadam dan Penyelamat Kebakaran setempat, Vladimira Krekova, memastikan ada enam korban tewas. “Kami telah menerima informasi soal enam korban tewas dan beberapa orang lainnya mengalami luka serius,” ujar Kerekova seperti dikutip kantor berita CTK.

Seorang juru bicara lainnya dari Dinas Pemadam Kebakaran setempat menyebut ledakan berasal dari salah satu tangki penampungan. Penyebab ledakan ini belum diketahui pasti. Dia menyatakan tidak ada risiko terjadinya ledakan lainnya.

Sumber : detik.com

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button