Event HSE

3 Perempuan Masuk ‘100 Anak Tambang Indonesia’

100 penambang dinilai teruji dan mampu melewati berbagai krisis di dunia pertambangan dengan kompetensinya.

Jakarta, isafetymagazine.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Mineral dan Pertambangan (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan buku berjudul ‘100 Anak Tambang Indonesia’ (ATI) pada Selasa (17/8/2021) secara virtual.

Buku ini berisi berbagai pengalaman hidup yang dialami 100 orang yang bergelut di industri pertambangan yang ditulisnya masing-masing.

“Kami menyambut baik atas terbitnya buku ‘100 Anak Tambang Indonesia’ yang diharapkan menginspirasi dan memotivasi siapa saja yang membacanya,” kata Direktur Teknik Lingkungan Ditjen Minerba Kementerian ESDM Lana Saria pada Selasa (17/8/2021).

Namun, penambang-penambang yang ditampilkan penulis tidak hanya didominasi oleh laki-laki saja. Keberadaaan penambang perempuan juga perlu disuguhkan lebih banyak lagi.

“Dari 100 penulis, baru ada tiga wanita petambang yang berkontribusi dalam penulisan buku,” ujarnya.

Sebanyak 100 orang penambang yang ditulis dalam 100 Anak Tambang Indonesia dinilai teruji dan mampu melewati berbagai krisis di dunia pertambangan dengan kompetensinya. Pengalaman ini mau dibagikannya kepada para penambang lainnya.

“Di mana buku ini berisikan semangat juang, rahasia sukses ke 100 anak tambang Indonesia dalam mengelola krisis yang terjadi, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat dan perusahaan,” kata Mantan Kasubdit Pengawasan Teknik Pertambangan dan Kasubdit Keselamatan Pertambangan Minerba Kementerian ESDM, Eko Gunarto.

Eko juga merupakan satu dari empat penyunting buku 100 Anak Tambang Indonesia. Dia bersama Alwahono adalah inisiator penyusunan buku tersebut.

“Peristiwa-peristiwa kemanusiaan dalam dunia pertambangan jarang diperbincangkan, kalaupun ada, biasanya langsung terkubur berita-berita mengenai pertumbuhan ekonomi atau angka-angka statistik rugi laba dan investasi,” ujar Alwahono.

Buku 100 Anak Tambang Indonesia memiliki 700 halaman yang diterbitkan oleh PenerbIt Allsysmedia. Penyusunan ini membutuhkan waktu selama empat bulan mulai menghubungi para penulis, melakukan riset, pengumpulan tulisan, penyuntingan, sampai penerbitan. (adm)

Tampilkan Lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button