Safety at Work

Pekerja Tewas Akibat Jatuh ke Bans Cruser

Sewaktu korban hendak turun tiba-tiba mesin menyala dan mengakibatkan korban terjatuh kedalam Bans Cruses.

Dharmasraya, isafetymagazine.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Sungai Rumbai mengungkapkan seorang pekerja pabrik sawit tewas akibat kecelakaan kerja di PT TKA Jorong Mangun Jaya pada Kamis (13/9/2023).

“Kami dari Polsek Sungai Rumbai mendapat informasi tentang adanya kecelakaan kerja tersebut langsung menuju ke lokasi kejadian Peristiwa (TKP),” kata Kapolsek Sungai Rumbai AKP Suyanto pada Rabu (12/9/2023).

Korban bernama Jansen Victor Siagian (20) sebagai Pembantu Mekanik PT TKA Jorong Mangun Jaya.

Perusahaan ini terletak di Desa Nagari Lubuk Besar Kecamatan Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat (Sumbar).

Kecelakaan kerja berawal dari saat korban sekitar jam 14.30 WIB bersama teman kerja bernama E. Mardison membantu operator untuk mengosongkan jenjang kosong di Bans Cruser.

Hal ini dilakukan dengan cara membuka penutup samping kiri dan samping kanan dalam keadaan mesin dalam keadaan mati, setelah Bans Cruser dibersihkan.

“Kemudian korban beserta temannya menutup kembali penutup Bans Cruser yang sebelah kiri, dibantu operator dan sewaktu menutup Bans Cruser sebelah kanan,” ucapnya.

Selanjutnya, korban dan rekan kerjanya E.Mardison menutup dengan alat bantu cotrek, dengan cara korban naik ke atas dan berdiri di atas Bans Cruses untuk memasangnya.

“Sewaktu korban hendak turun tiba-tiba mesin menyala dan mengakibatkan korban terjatuh kedalam Bans Cruses,” tutur Suyanto.

Lalu, rekan kerjanya melihat kondisi korban langsung berteriak untuk mematikan mesin.

Berikutnya, korban dievakuasi dari mesin tersebut dan dibawa ke klinik kesehatan TKA.

Namun, nyawanya tidak.bisa ditolong, sehingga korban dibawa oleh pihak keluarga disemayamkan.

Dia akan dibawa ke kampung halamannya Sumatera Utara (Sumut). (tri/adm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button