ISAFETYNEWS

Safety Management

Jepang Sudah Sadar Budaya Keselamatan Kerja

Budaya keselamatan kerja harus sudah ditanamkan kepada pekerja muda

Jakarta, Isafetymagazine.com – Pelaksanaan keselamatan kerja semestinya tidak didesak menjalankan ketentuan yang berlaku saja. Namun, ini dilakukan sebagai bagian dari budaya kerja.

“Budaya perusahaan juga merupakan transformasi perusahaan,” kata Iman Darius Hikman, Deputy Director Mining and Mine Services PT Petrosea Tbk dalam Webinar Nasional ke-6 bertema ‘Peran Keselamatan Pertambangan Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Jasa Pertambangan’ yang diselenggarakan pada Kamis (5/11/2020).

Budaya keselamatan kerja harus sudah ditanamkan kepada pekerja muda, meskipun ini juga terus perlu diingatkan kepada pekerja senior. Namun, sebagian tenaga kerja di perusahaan tambang mulai diisi oleh kalangan milenal yang baru tamat dari sekolah.

Di dunia terdapat dua negara yang dapat dicontoh perusahaan tambang untuk mengadopsi budaya keselamatan. Negara itu adalah Singapura yang menerapkan budaya keselamatan kerja sebagai bagian dari peraturan pemerintah.

“Budaya keselamatan kerja yang baik dapat dicontoh dari Jepang, karena itu dilakukan bukan dipaksa peraturan, tetapi ini sudah menjadi kesadaran pekerja,” tandasnya. (adm)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 7 =


Back to top button
ISAFETYNEWS

Close