Fire Safety

Lahan Terbakar di Ogan Ilir Diduga Akibat Musim Kemarau

Kondisi cuaca yang kering dan embusan angin yang kencang kembali menimbulkan api menjalar ke lahan secara cepat.

Ogan Ilir, isafetymagazine.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan empat hektare (ha) lahan di Desa Sungai Rambutan, Indralaya Utara, Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) terbakar pada Kamis (26/8/2021) sekitar pukul 12.30 WIB.

Dari kejadian ini 22 petugas tiba di lokasi pukul 13.00 WIB melakukan pemadaman dengan penyiraman darat menggunakan selang dan pompa air memanfaatkan air rawa sekitar lokasi.

Mereka adalah tim satuan tugas (satgas) yang terdiri dari BPBD Ogan Ilir, TNI-Polri, Manggala Agni, dan tenaga swadaya masyarakat

“Beruntung masih ada air di embung sekitar lokasi yang bisa digunakan untuk penyiraman, sehingga api bisa dijinakkan sekitar 13.30 WIB,” kata Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori di Palembang pada Kamis (26/8/2021).

Namun, kondisi cuaca yang kering dan embusan angin yang kencang kembali menimbulkan api menjalar ke lahan secara cepat. Lahan ini merupakan lahan mineral (bukan lahan gambut) dengan vegetasi semak belukar dan ilalang tersebut.

Pemadaman api menggunakan penyiraman udara menggunakan satu unit helikopter water bombing (pengebom air) berkapasitas air 2.200 liter mulai sekitar pukul 16.10 WIB-18.00 WIB.

Kepolisian belum tahu penyebab kebakaran lantaran ini masih diidentifikasinya. Namun, ini diduga akibat musim kemarau. (ant/adm)

Tampilkan Lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button