Health

Reagen+ Lebih Efisien Tes PCR

TNI juga akan digandeng supaya dapat dimanfaatkan pihak-pihak lain.

Surabaya, Isafetymagazine.com – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengembangkan reagen yang diberi nama “reagen+” yang diklaim dapat memberikan hasil deteksi Covid-19 hanya dua jam. Waktu ini lebih cepat dibandingkan tes polymerase chain reaction (PCR) membutuhkan waktu selama 24 jam.

“Untuk pengadaan proses akan bekerja sama dengan Kimia Farma,” kata Rektor Unair Mohammad Nasih di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (11/11/2020).

Apalagi, tes PCR membutuhkan tiga tahapan, yakni pengambilan serat, mencampur proses persiapan, dan masuk mesin PCR. Untuk proses Reagen+ hanya memerlukan dua tahap sebelum masuk ke PCR.

Unair telah melakukan berbagai sampel yang telah dimilikinya. Langkah ini akan diteruskan bekerjasama dengan Kimia Farma.

“Reagen+ sudah dilakukan percobaan awal dengan hasil yang baik dan pihaknya akan memperbanyaknya,” ujar Ketua Institute of Tropical Disease (ITD) dan tim peneliti Unair, Maria Lucia Inge Lusida

 .TNI juga akan digandeng supaya dapat dimanfaatkan pihak-pihak lain. “Modifikasi reagen ini juga diperuntukkan masyarakat dengan harga sekitar Rp100.000,” jelasnya. (ant/adm)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button