FeaturedRegional NewsSafety Management

Waskita – TNI AD Gelar Evaluasi HSE Inspector

SUMSEL, ISafetymagz.com – Konstruksi merupakan sektor industri yang memiliki tingkat risiko bahaya tinggi (high risk). Penerapan aspek K3 (HSE) menjadi hal mutlak dilakukan.

Tetapi bukan perkara mudah membiasakan para pekerja untuk bekerja dengan menerapkan prinsip-prinsip dan norma-norma K3 secara ketat dan berkelanjutan di proyek-proyek konstruksi. Maklum, hal ini terkait dengan kebiasaan dan tingkat serta latar pendidikan para pekerja konstruksi yang beragam.

Toh, PT Waskita Karya (Persero) Tbk punya cara tersendiri dalam upaya menerapkan budaya K3 (HSE) di lingkungan perusahaannya. BUMN Karya di bidang konstruksi tersebut pada pertengahan 2018 lalu menggandeng unsur TNI.

Evaluasi Bersama Waskita-TNI di Kantor Proyek KAPB Div VI Waskita di Sumsel, Jumat (15/3/2019). (Foto: Istimewa)

Mereka lantas dididik dan dilatih Waskita Karya yang bekerjasama dengan Kemnaker, sebagai Ahli Muda K3 Konstruksi. Setelah mengantongi sertifikat Ahli Muda K3 Konstruksi dari Kemnaker, pada 30 Juli 2018, para prajurit TNI itu direkrut sebagai tenaga HSE Inspector dan disebar ke seluruh proyek konstruksi Waskita Karya di seluruh Indonesia.

HSE Inspector dari unsur TNI AD foto bersama di sela acara Evaluasi Bersama Waskita-TNI di Kantor Proyek KAPB Div VI di Sumsel, Jumat (15/3/2019). (Foto: Istimewa)

“Marwah disiplin dan ketegasan dari TNI yang kami coba tularkan kepada seluruh pekerja proyek-proyek konstruksi Waskita Karya,” kata Senior Vice President (SVP) QHSE PT Waskita Karya (Persero) Tbk Subkhan, ST, MPSDA kepada isafetymagz.com.

Cara Waskita itu cukup jitu. Kasus-kasus kecelakaan kerja fatality di proyek-proyek Waskita Karya menurun drastis bahkan nihil (zero accident) di sepanjang semester 2 tahun 2018 hingga sekarang ini.

Pada Jumat (15/3/2019), bertempat di kantor Display Proyek KAPB Divisi VI di Sumatera Selatan, Waskita Karya bersama TNI AD menggelar Evaluasi Bersama. Acara yang dipimpin SVP QHSE Corporate PT Waskita Karya (Persero) Tbk Subkhan itu dihadiri SVP Divisi V, SVP Divisi VI, SVP Divisi VIII, dan 19 HSE Inspector dari unsur TNI AD yang ditempatkan di seluruh proyek konstruksi Waskita di area Divisi V, VI, dan VIII. Acara dihadiri pula oleh Kolonel Inf Heri Purwanto, SE (Paban V/Sahlur Spersad) dan Mayor Inf M Ricky Pabanda (Spaban V/Sahlur Spersad).

Evaluasi Bersama Waskita-TNI di Kantor Proyek KAPB Div VI Waskita di Sumsel, Jumat (15/3/2019). (Foto: Istimewa)

Menurut Subkhan, Evaluasi Bersama Waskita-TNI AD itu digelar salah satunya adalah untuk peningkatan HSE Inspector dari unsur TNI guna menuju Waskita Excellent. (Hasan)

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

  1. Amazing
    Sy melihat dari Sisi K3 saja deq.soal periuk Nasi atau Rejeki adalah Urusan Allah Yang Kuasa..tetapi Ini Kan Lahannya Warga Siil dalam hal Ini Ranahnya Disnakertrans.
    Ngk apa2 saja peran TNI AD.dilibatkan Dan Sy bertanya apakah tidak bentrok dengan Job Discretionnya HSE jadi apa Peran HSE Officer atau HSE manager Atau HSE kordinator..ityu memang keputusan Pt Wika never mind
    Asal jangan abaikan saja job Discreptonnya seorang HSE lulusan Disnaker.ok Lah TNI Sangat Disiplin ok
    Apakah Seorang HSE tidak Bisa Disiplin bisa semua kembali
    Kepada Pimpinannya saja ..kan pimpinan menerapkan Leadership .semoga saja ada perubahan dan tidak ada lagi Excident diwilayah kerja Pt Wika.
    Trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 4 =


Back to top button
Close
Close