Safety at Work

Elnusa Bilang Ini Terkait Kecelakaan Kerja di Area Pertamina

Empat pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, sebanyak dua pekerja EFK telah diizinkan pulang untuk melakukan rawat jalan.

Pekanbaru, isafetymagazine.com – Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK) mengaku perusahaan ini belum bisa menyebutkan penyebab kecelakaan kerja karyawannya di Pit Optimazation Area Gathering Station (GS 1) Minas CAPS, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada Kamis (8/6/2023).

Namun, insiden ini dinilai terjadi bukan akibat ledakan, tapi semburan api dari pompa minyak.

Semburan api itu diduga berasal dari collecting box pada pompa minyak.

“Dugaan sementara dari collecting box, jaraknya sekitar 1 sampai 1,5 meter dari korban,” kata Communications & Community Relations PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK), Aswin Saputra di Pekanbaru pada Minggu (12/6/2023).

EFK berharap hasil investigasi kecelakaan kerja karyawannya di Pit Optimazation Area GS 1 Minas CAPS PHR pada Kamis (8/6/2023) bisa dijadikan kebijakan korektif dan mitigasi risiko supaya kejadian ini tidak terulang kembali pada masa depan.

“Untuk kejadian ini telah dilaksanakan safety stand down atau berhenti kerja di tempat kerja untuk fokus pada masalah keselamatan,” ujarnya.

Selama ini Pertamina Hulu Rokan (PHR) diakui Aswin Saputra telah melakukan komitmen dan sosialisasi implementasi Health, Safety, Security, and Enviroment (HSSE) Golden Rules (Patuh, Intervensi, dan Peduli).

“EFK senantiasa berkomitmen untuk mematuhi dan mengimplementasikan peraturan Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan (K3L) di segala aktivitasnya,” ucapnya.

EFK akan bersinergi dan terbuka dengan pemangku kepentingan di daerah sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing dengan memperhatikan koridor peraturan dan perundangan yang berlaku.

“Seluruh kegiatan dan aktivitas operasional tetap berlangsung normal dan proses investigasi dari tim EFK-PHR terus dilakukan dan mendalami kejadian ini,” ujarnya.

Sementara itu dari empat pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, sebanyak dua pekerja EFK telah diizinkan pulang untuk melakukan rawat jalan.

Untuk dua pekerja lain masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Pekanbaru.

“Satu pekerja sudah pulang (Jumat) kemarin siang untuk rawat jalan. Dua orang lagi masih dalam penanganan dengan kondisi stabil,” tutur Aswin Saputra.

EFK adalah anak usaha PT Elnusa Tbk yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina.

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa migas dan energi baru terbarukan.

EFK menyediakan jasa oil tools, fabrikasi, engineering, procurement & construction (EPC) serta pemeliharaan, dan perawatan terintegrasi migas.

Perusahaan ini telah melayani berbagai perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group dan Chevron. (adm)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button