Health

Atiqah dan Suami Jaga Anak dari Pneumonia

Penderita sulit bernapas dan berbagai komplikasi mulai abses paru-paru, infeksi darah atau sepsis, gagal organ

Jakarta, Isafetymagazine.com – Aktris Atiqah Hasiholan menjaga kesehatan anak tunggalnya, Salma, dari berbagai penyakit seperti pneumonia. Langkah ini dilakukan bersama suaminya yang seorang aktor, Rio Dewanto.

“Sejak lahir Salma mendapatkan imunisasi dasar lengkap, ASI eksklusif, dan MPASI, sampai dua tahun,” kata Atiqah dalam sebuah acara daring bertema pneumonia pada Kamis (12/11/2020).

Makanan pendamping ASI (MPASI) dibuat sendiri oleh Atiqah menggunakan bahan-bahan lokal bervariasi dan berusaha menghindari makanan pabrikan.

Dia melakukan tindakan pencegahan penyakit dengan penerapan cara hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti mencuci tangan.

Pneumonia terjadi akibat peradangan pada kantong udara (alveoli) di paru-paru akibat infeksi bakteri, virus, dan jamur. Dari hal ini bakteri streptococcus pneumoniae (pneumococcus) menyebabkan kantong udara itu terisi dengan cairan dan nanah.

Dengan demikian, penderita sulit bernapas dan berbagai komplikasi mulai abses paru-paru, infeksi darah atau sepsis, gagal organ berujung kematian. Gejala-gejala ini berlangsung sekitar 14 hari.

Gejala-gejala lainnya antara lain batuk, demam dan kehilangan nafsu makan, sesak napas dan napas penderita tampak sangat cepat.

World Health Organization/WHO (Badan Kesehatan Dunia) menyebutkan pneumonia mengancam berbagai usia. Indonesia masuk tujuh besar pneumonia di dunia dengan 25.481 kematian balita akibat infeksi pernapasan akut.

Angka ini merupakan 17% dari total kematian balita di Tanah Air. (ant/adm)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button