Health

Indonesia Bisa Terjangkit Dua Varian Covid-19

Inangnya mereplikasi atau berkembang biak.

Padang, isafetymagazine.com – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Defriman Djafri mengingatkan ancaman nyata mutasi Covid-19 jenis baru yang telah terjadi di sejumlah negara. Mutasi Covid-19 sangat mungkin terjadi di Indonesia.

“Kemungkinan proses mutasi ini banyak faktor yang akan mempengaruhi dan menjadi pertimbangan,” katanya di Padang, Sumatera Barat pada Kamis (31/12/2020).

Poin utama faktor yang paling besar mempengaruhi mutasi Covid-19 adalah inangnya dalam mereplikasi atau berkembang biak. Faktor lainnya adalah tingkat penularan dan severitas terhadap kematian.

Jenis varian baru Covid-19 dari Inggris dengan kode B117 atau VUI202012/01 adalah 70% lebih menular dari varian sebelumnya, tetapi tidak lebih mematikan. Namun, jenis ini lebih tinggi menginfeksi pada anak-anak.

Untuk jenis varian D614G memiliki ciri di dalam protein menyusun spike virus yang masuk ke dalam sel manusia. Virus ini 10 kali lebih cepat menular, tetapi belum kebih mematikan dibandingkan varian lainnya. (ant/adm)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button