Event HSE

Menaker Akan Promosilkan K3 di Asean

Jakarta, isafetymagazine.com – Perayaan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional diperingati pada tanggal 12 Januari-12 Februari setiap tahunnya. Bulan K3 Nasional tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan dalam keadaan pandemi Covid-19.

Inovasi dan pelaksanaan program K3 pada saat ini harus lebih ditingkatkan guna menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja. Hal ini sudah sesuai dengan tema pokok yang diusung dalam Bulan K3 tahun 2021 yakni “Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 Pada Semua Sektor Usaha.”

Dalam sambutannya Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menekankan bahwa pelaksanaan K3 tidak hanya tanggung jawab pengusaha akan tetapi serikat pekerja juga harus turut andil dalam pelaksanaannya. Tujuannya agar program K3 dapat berjalan secara efektif.

Pengawasan dan kesadaran K3 perlu lebih ditingkatkan lagi. Oleh karenanya pemerintah mengajak semua pemangku kepentingan mulai dari pengusaha, serikat pekerja, dan masyarakat untuk ikut serta menjalankannya.

Sambutan itu juga menegaskan, pengawasan keseimbangan hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha perlu ditingkatkan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja. Hal tersebut dinilai selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Saat Bulan K3 Nasional tahun lalu, Ida Fauziyah telah menyampaikan strategi nasional K3 yang akan ditetapkan, antara lain: Promosi K3 Nasional, Penguatan Kapasitas Sumber Daya K3, Pengawasan dan Penegakan Hukum Norma K3, Penguatan Sistem Pelaporan dan Manajemen Informasi K3 Nasional, Penguatan Koordinasi, Sinergi dan Kolaborasi K3.

“Tahun ini mohon doanya agar strategi itu segera ditetapkan Bapak Presiden melalui Keputusan Presiden,” tuturnya.

Hal yang menarik yaitu selama 2 tahun kedepan Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan dinobatkan sebagai ketua Asean labour Minister of Manpower (ALMM). Terkait hal ini beliau berniat mempromosikan K3 pada tingkat ASEAN.

“Untuk itu mohon dukungannya agar K3 menjadi program yang dapat dipromosikan pada tingkat ASEAN,” ucapnya. (Lutifa Akta Rahmawati)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button