Regional NewsSafety ManagementTravel

Tingkat Keamanan Penerbangan Indonesia Membaik

JAKARTA, IsafetyMagz.com – Keselamatan penerbangan Indonesia, sempat dinilai buruk oleh organisasi penerbangan International Civil Aviation Organization (ICAO). Namun kini sudah membaik.

Pada 2014 lalu total korban jiwa dari kecelakaan pesawat mencapai 160 orang yang mengakibatkan pemerbangan Indonesia mendapatkan nilai pemenuhan keselamatan hanya 45% dari nilai standar 60%.

Namun jumlah korban jiwa setiap tahunnya terus menurun. Terbukti pada 2015 angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan penerbangan turun menjadi 40 korban jiwa. Kemudian pada 2016, jumlahnya kembali turun menjadi 8 nyawa.

Setelah terpuruk di tingkat keamanan sebanyak 45%, penerbangan Indonesia mulai membaik pada 2016 dengan mendapatkan nilai 51%. Penilaiannya kian membaik di 2017 kemarin, di mana penerbangan Indonesia telah melampaui nilai standar penerbangan internasional yaitu 85%.

“Kita sendiri pemenuhan terhadap safety itu sudah 85%. Ini nilai yang sangat tinggi. Selama 10 tahun tidak pernah mencapai pemenuhan setinggi itu,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso saat berbincang dengan detikTravel beberapa waktu lalu.

Agus menjelaskan selama 2017 kemarin, kecelakaan penerbangan Indonesia tak sampai menelan korban jiwa. Dengan semakin baiknya penilaian dari ICAO, penerbangan Indonesia juga lulus evaluasi dari federasi penerbangan Amerika Serikat (FAA) ke kategori I.

“Oleh karena itu kami sebagai bagian dari Kementerian Perhubungan punya misi yang sangat kuat di safety ini. ICAO sendiri mengukur pemenuhan terhadap safety dari waktu ke waktu selalu dievaluasi,” pungkas Agus.

Sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-3937645/tingkat-keamanan-penerbangan-indonesia-mulai-membaik

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button