EnergiEnvironmentEvent HSEFeaturedMigasOil & Gas, MiningPress ReleaseRegional News

Direktorat Pengolahan PT. Pertamina (Persero) Targetkan 2 Proper Emas Tahun 2018

SORONG, ISafetyMagz.com – Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero) menargetkan dua Program Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas pada 2018 ini. Kedua penghargaan tertinggi di bidang kinerja perusahaan dalam hal pengelolaan lingkungan hidup itu ditargetkan diraih RU VI Balongan dan RU II Sei Pakning Riau.

“Tahun 2018 ini ditargetkan dua Proper Emas dan lima Proper Hijau,” kata Leodan Haadin, Manajer Refinery Environment Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero) saat membuka acara ‘Workshop Evaluasi Proper Direktorat Pengolahan’ di Sorong, Papua Barat, Papua, Senin (26/3/2018).

RU VI Balongan, kata Leodan, sudah tiga kali berturut-turut meraih Proper Emas dan tahun 2018 ini akan mempertahankan raihan tersebut. Sedangkan Sei Pakning, sudah empat kali memeroleh Proper Hijau dan tahun 2018 ini sangat berpeluang untuk meraih Proper Emas.

Di luar dua RU tersebut, Leodan menambahkan, RU VII Kasim Sorong juga memiliki potensi besar untuk meraih Proper Emas. Leodan mengibaratkan RU VII Kasim sebagai kertas putih yang membutuhkan tangan-tangan handal dan terampil untuk mengisinya.

Menurut Leodan, selain Rumah Budaya Sawingrai, ada hal yang bisa dikembangkan di RU VII Kasim. Yaitu membudidayakan buah sukun. “Di Indonesia, menurut informasi yang saya dapat, buah sukun yang rasanya manis hanya ada di dua tempat yaitu Maluku dan Papua. Nah di Papua, selama ini belum dikembangkan. Lewat program CSR, kami akan mencoba pembudidayaan buah sukun dengan melibatkan masyarakat sekitar kilang,” katanya.

Dikatakan Leodan, acara workshop yang akan berlangsung hingga Kamis (29/3/2018) itu sendiri merupakan kegiatan untuk mengevaluasi kinerja raihan Proper yang selama ini sudah diraih Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Dihadiri sekitar 20 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh RU di Direktorat Pengolahan PT Pertamina. (has)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 5 =


Back to top button
Close
Close