Regional News

Awas!!!! 4 Jembatan di Ponorogo Rawan Ambrol

PONOROGO, ISafetyMagz.com – Pemkab Ponorogo tidak ingin kejadian ambrolnya jembatan Widang Babat terjadi di Kota Reog. Di Ponorogo saat ini terdapat empat jembatan yang sewaktu-waktu bisa juga ambrol.

Untuk itu, Dinas PU rajin melakukan pengecekan secara berkala terhadap jembatan yang membutuhkan perhatian.

“Kami setiap tahun selalu mengecek kondisi jembatan dan jalan,” tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Jamus Kunto saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Gajahmada, Rabu (18/4/2018).

Menurutnya, pengecekan rutin dilakukan mengingat Ponorogo memiliki 435 jembatan. “Hasilnya ada tiga jembatan yang butuh perbaikan,” terang dia.

“Mulai dari jembatan Kacangan, Kecamatan Sawoo, jembatan Kambeng, Jembatan Tempuran, dan jembatan yang ada disepanjang aliran sungai Keyang kalau ada,” ujar Jamus.

Jamus menambahkan untuk jembatan Kambeng yang terletak di Desa Kambeng, Kecamatan Slahung kondisi kerusakan paling parah dialami bagian pondasi. Pasalnya, pondasi yang menancap dalam tanah kini terlihat berada di atas permukaan tanah.

“Padahal sebelumnya pondasi berada di dalam tanah, saat ini terlihat seperti ‘menempel’ begitu saja,” jelas dia.

Menurut Jamus, pengikisan tanah yang melekat pada pondasi jembatan disebabkan oleh banyaknya tambang pasir liar. Sehingga mengakibatkan pasir yang ada di bawah jembatan pun tergerus.

Kondisi jembatan lain yang rawan, adalah jembatan Taap yang berada di Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman. Jembatan ini rawan saat terjadi banjir besar karena posisinya bisa bergeser sesuai arah arus.

“Ini sebab, pondasi atau pilarnya dari baja sehingga terjadi goyangan beban dari samping mengakibatkan gaya kesamping atau seperti bergeser,” tukas dia.

Namun bagi Jamus ini merupakan hal biasa, pasalnya khas jembatan baja memang sifatnya lentur tapi ringan dan mampu menjaga berat. “Sejauh ini jembatan Taap saya kira masih aman, namun saat banjir bandang sebaiknya jangan melintas demi keamanan,” papar Jamus.

Pengamatan Jamus setidaknya ada 15-20 jembatan di seluruh Ponorogo yang membutuhkan perhatian khusus. Terutama bagian sayap jembatan. “Tapi tahun ini anggaran hanya untuk perbaikan saja, jadi fokus kami masih untuk perbaikan jembatan,” pungkas dia.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3978344/awas-4-jembatan-di-ponorogo-rawan-ambrol

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 5 =


Back to top button