Uncategorized

Damkar Juga Bisa Evakuasi Drone Nyangkut

JAKARTA, ISafetyMagz.com – Ayla tengah bermain drone di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Namun, drone miliknya hilang sinyal dan tak dapat dikendalikan lewat pengendali.

Alhasil, drone itu tersangkut di pohon palem yang tingginya sekitar 15 meter. Ayla yang sempat bingung pun menelepon petugas pemadam kebakaran untuk membantu mengambilkan drone tersebut.

Petugas pemadam kebakaran dikenal lebih sering memadamkan kebakaran serta evakuasi ular dan sarang tawon yang ada di permukiman warga. Namun kali ini mereka tetap datang untuk membantu Ayla. Tak main-main, mereka mengeluarkan mobil pemadam yang memiliki tangga untuk menggapai drone yang tersangkut.

Petugas panjat pohon dengan teknik prusiking (Foto: Instagram Dinas PKP DKI Jakarta)

“Tadi peristiwanya jam 11.15-12.10 WIB. Laporan warga ada drone menyangkut di pohon palem. Kita evakuasi, kita pakai tangga tapi kurang tinggi, itu cuma sampai sepuluh meter,” kata petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakpus, Rizki, saat dihubungi, Jumat (30/3/2018).

Petugas tak habis akal. Mereka akhirnya memanjat pohon palem tersebut dengan menggunakan teknik prusiking. Petugas kemudian memanjat pohon dan mengevakuasi drone yang tersangkut.

“Akhirnya kita pakai teknik prusiking menggunakan tali. Tali tubuh kita lilitkan ke pohon dan dilingkarkan 2 kali ke tubuh, setelah itu memanjat sampai atas,” ujar Rizki.

Drone berhasil dievakuasi (Foto: Instagram Dinas PKP DKI Jakarta)

Dia mengatakan Ayla saat itu sedang bermain drone di daerah Ex Plasa. Setelah hilang kendali, drone tersebut tersangkut di salah satu pohon palem di dekat lapangan baseball Senayan.

“Ibu Ayla itu main dari Ex Plasa lalu karena terlalu jauh, drone hilang kontrol dan nyangkut di pohon palem. Info itu kita terima laporannya dari pusat komando, lalu dilanjutkan ke kita. Setelah itu kita berikan,” ucap dia.

“Ini baru pertama yang kita lakukan. Kalau di Jakarta Utara pernah juga evakuasi drone. Kita gratis, untuk pelayanan masyarakat,” sambungnya.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3945086/tak-cuma-padamkan-api-damkar-juga-bisa-evakuasi-drone-nyangkut

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 6 =


Back to top button