Regional News

Gempa 2,8 SR Guncang Banjarnegara

BANJARNEGARA, ISafetyMagz.com – Gempa bumi kembali terjadi di Kecamatan Kalibening, Banjarnegara. gempa terjadi menjelang maghrib, saat warga menyiapkan buka puasa.

Gempar berkekuatan 2,8 SR itu terjadi pukul 16.37 WIB. Meski tidak menyebabkan kerusakan bangunan, namun warga yang tinggal di pengungsian panik dan berhamburan keluar tenda.

Kepala Desa Kertosari Kecamatan Kalibening Agung Wicaksono mengatakan gempa dengan kekuatan 2,8 SR sangat terasa di wilayahnya.

“Gempanya kerasa besar. Tidak ada yang rusak tapi warga pada panik,” katanya saar dihubungi detikcom Sabtu (19/5/2018).

Gempa yang terjadi menjelang buka puasa ini sempat membuat warga ketakutan. Begitu merasakan ada getaran gempa warga berlari keluar tenda.

“Sebagian besar baru pada nyiapin buka terus pada lari,” terangnya.

Sementara itu Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoeajie Prayordhie mengatakan hingga saat ini tercatat sudah 22 kali gempa susulan sejak 18 April 2018 lalu. Gempa bumi tektonik yang terjadi pada Sabtu (19/5/2018) ini berada di kedalaman 7,5 km.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal yang terjadi akibat sesar lokal,” jelasnya.

Ia mengimbau agar warga tidak panik dan tidak ada gempa susulan. “Warga tetap tenang jangan termakan isu-isu yang tidak bertanggungjawab,” pungkas dia.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4028818/banjarnegara-kembali-digoyang-gempa-28-sr

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 7 =


Back to top button