Regional News

Gempa 6,3 SR Guncang Papua nugini

PORTMORESBY, ISafetyMagz.com – Gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah pegunungan di Papua Nugini. Gempa ini terjadi di saat masyarakat di wilayah tersebut berjuang untuk pulih usai gempa dahsyat dua bulan lalu.

Tak ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa ini.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS menyatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (7/4/2018), gempa terjadi sekitar 82 kilometer barat daya Porgera di provinsi Enga dan pada kedalaman 47 kilometer. Gempa ini terjadi hanya dua bulan setelah gempa berkekuatan 7,5 SR mengguncang wilayah pegunungan yang sama, yang menewaskan 125 orang. Ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal akibat gempa dahsyat tersebut.

Gempa yang terjadi pada Februari tersebut juga merusak infrastruktur listrik dan pertambangan dan mendorong perusahaan ExxonMobil Corp menutup proyek gas alam cair (LNG) senilai US$ 19 miliar. Perusahaan pertambangan Barrick Gold Corp dan Ok Tedi Mining juga melaporkan adanya kerusakan pada infrastruktur mereka.

Gempa 7,5 SR di wilayah pegunungan terpencil tersebut telah memicu tanah longsor yang mengubur rumah-rumah dan merusak jalan-jalan. Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan bahwa sekitar 270 ribu orang membutuhkan bantuan segera dan 43.116 orang yang kehilangan tempat tinggal masih berada di 44 lokasi dan pusat-pusat penampungan.

Sumber : https://news.detik.com/internasional/d-3959164/gempa-63-sr-guncang-papua-nugini-2-bulan-setelah-gempa-75-sr

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 5 =


Back to top button