Regional News

Longsor, Jalan Utama Pulau Karimunjawa Putus Total

JEPARA, ISafetyMagz.com – Jalan utama penghubung Desa Karimunjawa menuju Desa Kemojan di Kepulauan Karimunjawa, Jepara, putus total akibat longsor. Kondisi tersebut disebabkan pondasi jalan yang terkikis diguyur hujan deras pagi tadi.

Camat Karimunjawa, Saptwagus Karnan Ejeng, menuturkan bahwa kerusakan terjadi di akses jalan kabupaten, tepatnya di Dukuh Nyamplungan RT 5 RW 1 Desa Karimunjawa.

Pondasi jalan yang sudah tergerus beberapa waktu terakhir tidak kuat menahan arus air hujan yang mengguyur. Akibatnya, pondasi jalan longsor seluas lebih dari satu meter dan melintang di badan jalan.

“Kejadian tadi sekitar pukul 07.30 WIB saat hujan deras. Pondasi jalan yang sudah tergerus akhirnya longsor,” ujarnya saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (28/3/2018).

Seorang wisatawan meniti kayu di jalan putus. (Foto: Dok Camat Karimunjawa)

Menurutnya, titik longsor memang sudah dilaporkan ke DPU PPE Kabupaten Jepara untuk dilakukan perbaikan. “Sebenarnya memang rencananya tahun ini akan diperbaiki tapi malah sudah longsor,” paparnya.

Untuk saat ini, akses jalan Desa Karimunjawa-Desa Kemojan putus total dan sedang diupayakan membuka akses jalan alternatif sementara.

“Karena ini jalan kabupaten, untuk perbaikan membutuhkan waktu. Solusi sementara, kami membuka akses jalan alternatif sampai ada perbaikan,” lanjutnya.

Warga menyeberangkan motornya. (Foto: Dok Camat Karimunjawa)

DPU PPE setempat baru akan meninjau ke lokasi, Jumat (30/3) mendatang. Hal itu karena jadwal penyeberangan dari Jepara menuju Karimunjawa.

Sumber : http://news.detik.com/read/2018/03/28/124104/3941048/1536/tergerus-longsor-jalan-utama-di-pulau-karimunjawa-putus-total

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button