Regional News

Mantan Direktur Utama Waskita Buka-Bukaan Soal Penyebab Kecelakaan Proyek

JAKARTA, ISafetyMagz.com – Jajaran direksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk dirombak. Perombakan yang dilakukan ini tidak terlepas dari banyaknya insiden kecelakaan pada proyek-proyek yang digarap perseroan.

Mantan Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq yang dalam RUPS hari ini digantikan oleh I Gusti Ngurah Putra membeberkan alasan terjadinya kecelakaan kerja pada proyek-proyek Waskita. Dia mengatakan hal itu karena Waskita menggarap banyak proyek dibanding kontraktor lainnya.

“Tadi sudah saya singgung sedikit, ini produksinya itu memang banyak. Saya ambil contoh, kecelakaan yang paling banyak adalah karena girder yang jatuh. Jadi itu kecelakaan kerja, jadi pada waktu girder diangkat ini jatuh,” katanya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di kantor Waskita, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Choliq mengambil contoh, selama tahun 2016 lalu girder yang dipasang pada seluruh proyek Waskita berjumlah lebih dari 11.000. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari kontraktor lainnya.

“Anda tahu berapa girder yang dipasang Waskita Karya tahun 2017, ada 11.000 lebih. Coba tanyakan ke kontraktor yang lain, saya yakin tidak ada yang memasang 100 girder. Bandingkan 100 dengan 11.000,” kata Choliq.

Selain itu, kata Choliq, nilai proyek yang digarap Waskita selama 2017 juga lebih tinggi dari rata-rata kontraktor lainnya. Hal itu membuktikan bahwa proyek garapan Waskita juga lebih tinggi dibanding yang lainnya.

“Jadi saya katakan saya mohon maaf atas kejadian, karena memang produknya ini jauh lebih banyak dari yang lain. Produk secara umum kami Rp 45-46 triliun, yang lain paling Rp 18 triliun,” katanya.

Walau demikian, Choliq tetap meminta maaf atas insiden kecelakaan yang telah terjadi belakangan ini. Untuk itu dalam struktur direksi yang baru ini, Choliq mengatakan, Waskita menambah posisi Direktur Quality, Health, Safety & Environment (QHSE).

Dengan adanya posisi direksi yang baru itu diharapkan dapat meminimalisir tingkat risiko kecelakaan yang bisa terjadi dalam proyek Waskita.

“Harapannya tentu, karena masalah ini dutangani secara khusus di tingkat direktur, maka kecelakaan-kecelakaan ini bisa kita minimalkan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Sumber : http://finance.detik.com/read/2018/04/06/191726/3957958/1772/mantan-bos-waskita-buka-bukaan-soal-penyebab-kecelakaan-proyek

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button