Regional News

Pasca Longsor, Pemda DIY Stop Sementara Izin Tambang Pasir Merapi

YOGYAKARTA, ISafetyMagz.com – Longsor di area pertambangan pasir Gunung Merapi beberapa waktu lalu menewaskan 2 penambang. Pasca kejadian itu, Pemda DIY menghentikan sementara izin operasi tambang di Merapi.

Sekda DIY Gatot Saptadi, mengatakan penghentian sementara izin operasi tambang ini dilakukan untuk evaluasi dan melihat perkembangan pasca tragedi tersebut.

Evaluasi dilakukan secara keseluruhan baik dari sisi operasional dan keselamatan. Keselamatan, lanjutnya harus diutamakan jangan hanya semata-mata membuat jalur baru untuk penambangan tanpa melihat risikonya.

“Kita cek bahwa ada 6 penerima izin operasi tambang sementara disetop dulu, bukan memberhentikan, nggak. Tapi sementara ditunda dulu,” kata Gatot Saptadi di kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Rabu (4/4/2018).

Pihaknya juga meminta pengusaha untuk memperhatikan keselamatan termasuk akses jalan menuju lokasi tambang. Apalagi pekerjaan penambangan pasir di kawasan Merapi adalah cukup berisiko karena juga merupakan daerah yang rawan bencana sehingga pengusaha diminta menyiapkan akses yang lebih aman.

“Penundaan ya seminggulah kita tunda, untuk colling down. Kalau batalkan izin ra iso aku,” kata Gatot.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3953711/pasca-longsor-pemda-diy-setop-sementara-izin-tambang-pasir-merapi

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 1 =


Back to top button