Regional News

Penjelasan BMKG Soal Gempa 4,3 SR di Pati Jawa Tengah

Jakarta – Gempa bumi berkekuatan 4,3 skala Richter (SR) terjadi di Semenanjung Muria yang terasa hingga ke Pati dan Jepara, Jawa Tengah. Ini penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal gempa tersebut.

Gempa yang terjadi pada pukul 05.47 WIB itu berlokasi di laut dengan jarak 36,6 kilometer arah utara Pati. Gempa memiliki kedalaman 12 kilometer di bawah permukaan laut.

Gempa itu juga dirasakan di Muria, Pati dan Jepara dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau II-III MMI. Banyak warga di ketiga daerah itu merasakan getaran gempa.

“Banyak warga merasakan guncangan gempa ini, bahkan beberapa di antaranya sempat berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” kata Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko, dalam keterangannya, Kamis (3/5/2018).

Hary menyatakan, gempa tersebut merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. Namun, masih kata Hary, untuk memastikan sumber gempa itu perlu diteliti lebih lanjut.

“Sumber gempa pembangkit gempa ini perlu ada kajian lebih lanjut,” tutur Hary.

Gempa di zona tersebut sudah beberapa kali terjadi seperti pada 1890, 23 Oktober 2015, dan 18 Juli 2016. Hingga saat ini belum ada laporan yang menunjukkan adanya gempa susulan di zona tersebut.

Sumber : http://news.detik.com/read/2018/05/03/084046/4002090/10/penjelasan-bmkg-soal-gempa-di-pati-jawa-tengah

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 4 =


Back to top button