Regional News

Rumah, Kampus dan Kafe Rusak Akibat Angin Puting Beliung

YOGYAKARTA, ISafetyMagz.com – Angin puting beliung melanda wilayah Kota Yogyakarta dan Bantul. Sekitar 36 rumah rusak dan belasan pohon tumbang akibat angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 14.05 WIB itu.

Bangunan yang paling parah mengalami kerusakan akibat angin puting beliung diantaraya rumah warga, toko, kafe, galeri hingga kampus. Rumah warga yang paling banyak mengalami kerusakan diantaranya di Kampung Sorowajan Baru Banguntapan. Galeri milik Kabul di Jl Timoho juga rusak parah. Padahal bangunan tersebut baru selesai diperbaiki.

Selanjutnya atap gedung di Kampus STPMD Yogyakarta di Jl Timoho juga rusak. Akibatnya kegiatan perkuliahan untuk sementara akan diliburkan karena akan diperbaiki. Selain itu ada kafe Kedai Ndeso di Sorowajan Baru juga rusak parah.

Warga perbaiki rumah yang rusak Foto: Pancratia Andri Arsani/detikcom

Atap bangunan dari aluminium itu hampir semua hilang terbawa angin puting beliung. Bangunan dua lantai itu hampir semua atap/gentengnya hampir habis tersapu angin. Ada juga sebuah papan toko bangunan milik warga juga ikut terjatuh. Hingga sore ini, warga masih banyak yang memperbaiki atap rumah yang rusak tersebut.

Berdasarkan pantauan detikcom, kerusakan paling parah terjadi diantaranya di Kampung Sorowajan Baru, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Wilayah ini berdekatan dengan kawasan Gendeng dan Balirejo Kota Yogyakarta yang juga mengalamikeruskan akibat angin puting beliung. Dua wilayah ini hanya berbatasan Sungai Gajah Wong.

Atap habis diterjang angin kencang Foto: Pancratia Andri Arsani/detikcom

Berdasarkan laporan sementara dari Pusdalops BPBD DIY, tercatat hingga pukul 17.00 WIB dilaporkan 36 rumah rusak di Kampung Sorowajan, Banguntapan, Bantul. Dari puluhan rumah itu, 23 rumah berada di RT 3 RW 8 dan 11 rumah di RT 2 RW 8.

“Jumlah data kerusakan sementara ada 34 rumah rusak di Sorowajan Baru. Saat ini masih dilakukan pendataan,” kata Supervisor Kelompok II Pusdalops BPBD DIY, Indrayanto, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (24/4/2018).

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3988549/rumah-kampus-dan-kafe-rusak-disapu-angin-puting-beliung

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 5 =


Back to top button