Event HSE

WSO Indonesia Soroti Kasus Kecelakaan Kerja Tahun Lalu

Safety Culture 2023 akan digelar WSO Indonesia pada Kamis, 23 Februari 2023 secara offline (luring) dan offline (daring).

Bekasi, isafetymagazine.com – World Safety Organization (WSO) Indonesia menyoroti sebanyak 265.334 kasus kecelakaan kerja terjadi pada 2022 atau naik dibandingkan 2021 dari 234.370 kasus yang sama.

Data ini merujuk sambutan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) pada Kamis, 12 Januari 2023.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperoleh datanya mengutip angka kecelakaan kerja yang dilaporkan ke Badan Pengelola Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek).

“Angka ini masih besar sekali,” kata Chairman WSO Indonesia, Soehatman Ramli.

Hal tersebut disampaikannya dalam ‘International Safety Lecture : Challenges, Trend, and Lesson Learned Regarding Lithium Ion Battery Fires in USA’ yang digelar WSO Indonesia bekerjasama dengan Forum Mahasiswa K3 Nasional di Grand Kamala Lagoon, Bekasi, Jawa Barat (Jabar) pada Jumat (13/1/2023).

Dengan demikian, WSO Indonesia merasa prihatin dan ingin berkontribusi bagaimana bisa menekan angka kecelakaan kerja di Tanah Air. Salah satu upaya ini dilakukan dengan turut memperingati Bulan K3 Nasional 2023 berupa penyelenggaraan safety lecture.

“Acara ini telah digelar sejak beberapa tahun lalu bersama seluruh mahasiswa di Indonesia yang mengambil jurusan K3,” ucapnya.

Soehatman Ramli mengungkapkan sebanyak 53 kampus yang memiliki jurusan K3 di dalam negeri sering dilibatkan WSO Indonesia dalam berbagai acaranya. Bahkan, organisasi ini menginisiasi pembentukan ‘Forum Komunikasi Mahasiswa K3 se-Indonesia’.

“Hari ini juga merupakan acara yang diikuti dan diselenggarakan bersama Forum Mahasiswa K3,” tuturnya.

WSO merupakan organisasi nonprofit K3 di dunia yang lahir di Manila, Filipina pada 1975 yang sekarang bermarkas di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

“WSO adalah organisasi K3 tertua di dunia,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Grand Kamala Lagoon diperkenalkan WSO Indonesia sebagai WSO Indonesia Centre di Asia. Tempat ini akan dijadikan sebagai pusat seminar dan pelatihan K3 yang digelar WSO Indonesia.

“Jadi, para praktisi K3 tidak harus ke Amerika Serikat untuk mengikuti acara K3,” ucap Soehatman Ramli.

WSO Indonesia akan meresmikan Grand Kamala Lagoon sebagai WSO Centre pada Kamis, 23 Februari 2023.

Saat itu juga akan digelar ‘Safety Culture 2023 WSO Indonesia’ yang merupakan acara memberikan penghargaan kepada perusahaan menerapkan budaya K3 secara konsisten.

Safety Culture 2023
Chief Executive Officer (CEO) Indonesia, Heru Indra Prakasa, menambahkan Safety Culture 2023 akan digelar WSO Indonesia pada Kamis, 23 Februari 2023 secara offline (luring) dan online (daring).

“Kami berharap Bapak, Ibu, dan Teman-Teman bisa menghadirinya,” ucapnya.

Menyinggung acara hari ini, ujar Heru Indra Prakasa, sebagai acara kali pertama yang diselenggarakan WSO Indonesia setelah negara ini mulai mencapai kasus Covid-19 mereda.

“Lagon Komala adalah langkah pertama WSO Indonesia pada 2023 menapakan kakinya,” tuturnya.

Heru Indra Prakasa berharap penyelenggaraan safety lecture sebagai wadah bagi insan K3 untuk selalu memberikan edukasi dan memberikan kontribusi bagi Indonesia.

“(Apalagi) hari ini Bulan K3 Nasional 2023, maka Teman-Teman bisa memberikan kontribusinya,” ujarnya.

Berbicara terkait International Safety Lecture : Challenges, Trend, and Lesson Learned Regarding Lithium Ion Battery Fires in USA di Grand Kamala Lagoon, ujar Soehatman Ramli, bisa memberikan wawasan bagi semua pihak dalam menghadapi tantangan adopsi teknologi kendaraan listrik di dalam negeri.

Apalagi, implementasi teknologi ini sempat menimbulkan berbagai kejadian di luar negeri.

“Tesla sempat mengalami fire accident,” ujarnya.

Sebelumnya, mobil Tesla model X yang dikendaraai aktor Taiwan Lin Zhiying mengalami kebakaran di Taiwan pada 22 Juli 2022. Kejadian ini akibat kecelakaan mobil berupa menabrak pagar pembatas lantaran dia kehilangan kendali saat mengendarainya.

Sementara itu International Safety Lecture : Challenges, Trend, and Lesson Learned Regarding Lithium Ion Battery Fires in USA di Grand Kamala Lagoon menghadirkan dua pembicara.

Mereka adalah President of M-Fire Technologies, United States of America (USA), Randall Hart dan Chief of Operations M-Fire Technologies USA dan Los Angeles Fire Chief USA, Silvio Lanzas

Acara ini dipandu oleh Eksekutif WSO Indonesia, Deddy Sam yang merupakan mantan Senior Vice President (SVP) Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT Pertamina (Persero).

Tak ketinggalan, moderator lainnya adalah Eksekutif WSO Indonesia, Rieka Idroes. (adm)

Tampilkan Lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

Back to top button