Regional NewsSafety at Work

5 Pekerja Pabrik Bioetanol Mojokerto Dilarikan ke Rumkit, 3 Tewas 2 Selamat

Mojokerto – Lima pekerja pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Gedeg, Kabupaten Mojokerto dilarikan ke RSUD RA Basuni. Tiga pekerja dipastikan tewas. Sedangkan dua lainnya selamat, meski menjalani perawatan di rumah sakit (Rumkit)

Humas PT Enero membenarkan ada lima pekerjanya yang dievakuasi ke RSUD RA Basuni, Gedeg, Mojokerto. Kelima pekerja tersebut di bagian biogas pabrik bioetanol tersebut. Pabrik bioetanol ini anak perusahaan PTPN X, salah satu BUMN.

“Pandangan mata kami sementara ini korban ada tiga, penyebabnya apa masih kami telusuri. Yang dua selamat dalam kondisi sadar. Mereka pekerja kami di bagian biogas,” kata Ariel kepada wartawan di kamar jenazah RSUD RA Basuni, Sabtu (11/4/2020).

Namun, Ariel belum bisa memastikan aktivitas apa yang dilakukan kelima pekerjanya sebelum tumbang. Dia juga masih menelusuri penyebab tumbangnya kelima pekerja tersebut.

“Memang ada aktivitas menguras, lebih lengkapnya belum bisa kami kabari. Ini masih suasana bingung dan kalut,” ujarnya.

“Awal masuk tiga orang ke IGD kami kondisinya meninggal. Kemudian datang yang dua dalam kondisi syok,” terangnya.Dokter IGD RSUD RA Basuni dr Evy Maretnawati menjelaskan, 3 pekerja PT Enero dievakuasi pertama ke rumkit pelat merah tersebut. Disusul kemudian dua pekerja lainnya yang juga dari pabrik bioetanol tersebut.

Tiga pekerja PT Enero yang tewas saat ini sudah berada di kamar jenazah RSUD RA Basuni. Sementara dua pekerja yang selamat sudah dimandikan oleh pihak rumah sakit. Mereka tidak menderita luka apapun. Saat ini keduanya masih dirawat di rumah sakit tersebut.

“Kecurigaan kami (pekerja yang meninggal) keracunan baunya etanol, kalau luka-luka tidak ada. Kemungkinan saat membuka tangki pas ada kiriman, atau ada truk yang mengirim etanol membuka lalu gasnya menyembur,” cetusnya.

Sementara Kapolsek Gedeg AKP Eddie Purwo Santoso membenarkan adanya insiden ini. Dia juga memastikan 3 pekerja PT Enero tewas. Hanya saja dia belum bersedia memberikan keterangan terkait penyebab tewasnya para korban.

“Iya (tiga pekerja PT Enero meninggal dua selamat). Ditangani Polres Mojokerto Kota,” tandasnya.

Sumber: http://www.detik.com

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 2 =


Back to top button
Close
Close