Safety Management

Berikut Kebijakan Kementerian PUPR Untuk Audit Stadion Sepak Bola

Menpora Zainudin Amali mengaku audit stadion sepak bola diusulkannya Presiden Jokowi diprioritaskan untuk stadion-stadion yang dipakai klub-klub Liga 1 Indonesia.

Jakarta, isafetymagazine.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan audit stadion sepak bola akan diprioritaskan bagi yang memiliki banyak suporter.

“Minggu ini selesai audit Kanjuruhan, setelah itu baru yang lain-lainnya yang banyak suporter nya, yang dipakai liga 1, 2, 3 yang banyak suporter nya. Itu yang diprioritaskan,” kata Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono di Jakarta pada Selasa (11/10/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan audit total seluruh stadion sepak bola yang dipakai untuk pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 guna mencegah kerusuhan Tragedi Kanjuruhan terulang kembali.

“Semuanya apakah gerbang-nya sesuai standar cukup lebar, apakah gerbang ukurannya sesuai dengan standar, manajemen lapangan-nya yang memegang kendali siapa, semuanya,” ujarnya.

Audit stadion sepak bola diperintahkan Presiden Jokowi kepada Kementerian PUPR untuk menjaga keselamatan penonton dan suporter.

“Untuk memperbaiki baik itu yang namanya pintu, pintu gerbang, kemudian posisi gedung, pagar dan lainnya sehingga keselamatan penonton, keselamatan suporter itulah yang ingin kita utamakan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sudah meninjau Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang untuk memperoleh gambaran tata letak stadion berkapasitas sekitar 35.000 penonton.

“Saya lihat tadi ada pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada tapi itu saya hanya melihat lapangan-nya, nanti semua akan disimpulkan oleh tim independen pencari fakta sekali lagi yang paling penting seluruh bangunan stadion akan diaudit oleh kementerian PU,” tuturnya.

Presiden Jokowi memberikan waktu satu bulan kepada Kementerian PUPR untuk melakukan audit stadion tersebut.

“Audit stadion juga sama, satu bulan karena kalau kita lihat di GBK dengan penonton 80 ribu orang, pintu dibuka 15 menit semua bisa keluar. Saya kira standar-standar itu yang harus kita miliki,” ucapnya.

Keselamatan Bangunan Gedung
Basuki Hadimuljono menanggapi tim audit sudah melihat Stadion Kanjuruhan yang akan diikuti dirinya ke sana pada Kamis (13/10/2022).

“Karena Kamis harus laporan ke TGIPF (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta), jadi sekarang tim KKBG, Komite Keselamatan Bangunan Gedung, sedang kerja di sana, baru kemarin berangkat,” ujarnya.

Audit stadion sepak bola untuk memeriksa keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

“Itu yang terutama yang audit nya, misalnya, di GBK (Gelora Bung Karno) waktu kita merehabilitasi GBK untuk Asian Games ada standar nya, 15 menit harus ‘full’ atau harus bisa kosong selamat, dengan kapasitas yang 80.000,” ucap Basuki Hadimuljono.

Basuki Hadimuljono mengemukakan standar keselamatan, keamanan, dan kenyamanan diterapkan oleh Komite Keselamatan Bangunan Gedung.

“Ada (standar nya), Komisi Keamanan Bangunan Gedung itu ketuanya Dirjen Cipta Karya, tapi isinya para pakar, ada arsitek, ada (pakar) struktur, ada (pakar) kebakaran ada di situ dari akademisi,” ujarnya.

Walaupun demikian, berapa stadion yang harus direnovasi belum dapat disebutkan Kementerian PUPR.

“Diaudit dulu, nanti tinggal renovasi nya tunggu lain lagi,” ucapnya.

Tragedi Kanjuruhan terjadi setelah kerusuhan setelah penonton memasuki lapangan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Hal ini berlangsung usai pertandingan Liga 1 Indonesia antara Arema FC menjamu Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 2-3 pada Sabtu (1/10/2022).

Petugas pengamanan melepaskan tembakan gas air mata ke arah tribun berakibat 131 korban jiwa, sementara 440 orang mengalami luka ringan dan 29 orang luka berat.

Stadion Liga I
Sementara itu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku audit stadion sepak bola diusulkannya Presiden Jokowi diprioritaskan untuk stadion-stadion yang dipakai klub-klub Liga 1 Indonesia.

Usulan ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (7/10/2022).

Dia sempat mendapat arahan untuk berkoordinasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menindaklanjuti instruksi audit stadion sepak bola.

“Saya sampaikan ke Pak Presiden, kita prioritaskan stadion-stadion yang sekarang ini sedang digunakan untuk kompetisi. Kan arahan beliau seluruh Indonesia, nah ini kita memprioritaskan dulu yang mana yang akan diaudit,” ucapnya.

Zainudin Amali mengemukakan pengutamaan stadion-stadion Liga 1 untuk diaudit didasari upaya agar kompetisi kasta tertinggi sepak bola nasional itu tidak berhenti terlalu lama.

“Kalau Liga 1 kan ada 18 (klub). Itu dulu yang kita prioritaskan. Itu dulu karena ‘kan ini kompetisi tidak boleh berhenti terlalu lama, karena ini urusan gaji, pemain, dan lain-lain,” tuturnya.

Saat ini sebanyak 16 stadion yang didaftarkan oleh 18 klub sebagai stadion kandangnya dalam mengarungi Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Sebanyak dua stadion yang digunakan sebagai kandang bersama oleh dua tim yakni Stadion Pakansari di Bogor dan Indomilk Arena di Tangerang.

Pakansari menjadi kandang bersama Persikabo 1973 dan RANS Nusantara, sedangkan Indomilk Arena selain menjadi markas Persita Tangerang juga dipakai oleh Dewa United FC.

Sementara itu, Persebaya Surabaya sempat menumpang menggunakan Stadion Delta Sidoarjo sebagai kandangnya beberapa waktu lalu. Pasalnya, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dipakai untuk pertandingan kualifikasi Piala Asia U-20.

Audit stadion bola akan memeriksa dan/atau memperbaiki akses keluar masuk berdasarkan pelajaran dari Tragedi Kanjuruhan. (ant/adm)

Tampilkan Lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

Back to top button