OHSRegional News

Menteri PUPR Bentuk Komite Keselamatan Konstruksi

JAKARTA,ISafetyMagz.com – Tingginya kasus kecelakaan sektor konstruksi proyek infrastruktur dalam beberapa bulan terakhir, membuat pemerintah membentuk Komite Keselamatan Konstruksi (KKK).

Komite yang nantinya akan bertugas melakukan investigasi pada setiap kecelakaan yang terjadi di sektor konstruksi (mirip dengan KNKT pada kasus kecelakaan transportasi), secara resmi dibentuk pada Senin (29/1/2018) oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ini mirip dengan KNKT dalam transportasi. Jadi nanti kalau ada kejadian, komite ini yang akan maju duluan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (29/1/2018).

Menurut Menteri Basuki, Komite tidak hanya berasal dari kalangan Kementerian PUPR. Tetapi berisikan ahli, praktisi, dan akademisi.

Komite Keselamatan Konstruksi terdiri atas tiga subkomite. Yaitu Subkomite Jalan dan Jembatan, Subkomite Sumber Daya Air dan Subkomite Bangunan Gedung. Subkomite Jalan dan Jembatan dipimpin oleh Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto.

Sementara, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Imam Santoso memimpin Subkomite Sumber Daya Air. Untuk Subkomite Bangunan Gedung dipimpin oleh Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo.

Basuki menambahkan, dengan kehadiran komite ini, maka proses perizinan dalam sebuah pekerjaan konstruksi akan lebih ketat. Hal ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan, tak hanya saat pekerjaan dilaksanakan, tetapi juga saat konstruksi selesai.

Misalnya dalam hal pekerjaan bendungan. Sertifikasi dilakukan sejak perencanaan desain sebelum pekerjaan dimulai. Setelah itu, akan kembali dilakukan sertifikasi saat proses pengisian air. Sertifikasi terakhir juga dilakukan saat sebelum diresmikan.

“Semua bukan untuk mempersulit, tapi dalam rangka safety first, dalam rangka keselamatan, serta kenyamanan bangunan yang dipakai,” Menteri Basuki menambahkan. (hasan)

————————————————————————

Berikut anggota Komite Keselamatan Konstruksi:
Ketua : Syarif Burhanuddin (Dirjen Bina Konstruksi)
Sekretaris : Sumito (Direktur Bina Penyelenggara Jasa Konstruksi)
Anggota:
1. Rildo Ananda Anwar (Inspektur Jenderal)
2. Danis H Sumadilaga (Kabalitbang)
3. Rizal Z Tamin
4. Sarwono Hardjomuljadi
5. Akhmad Suradji
6. Lazuardi Nurdin (Ketua Umum A2K4I)
7. Widjojo Adi Prakoso
Subkomite Jalan dan Jembatan
Ketua : Arie Setiadi Moerwanto (Dirjen Bina Marga)
Anggota:
1. Priyo Suprobo
2. Awal Surono
3. Herry Vaza
4. Dewo Broto
6. Iwan Zarkasi
Subkomite Sumber Daya Air
Ketua : Imam Santoso (Dirjen SDA)
Anggota:
1. Jaya Murni Warga Dalam Kusumo Respatiyo
2. Arie Setiadi Moerwanto
3. Bambang Sigit Amanto
4. Paulus Kurniawan Koesoemowidagdo
5. Ni Made Sumarsih
Subkomite Bangunan Gedung
Ketua : Sri Hartoyo (Dirjen Cipta Karya)
Anggota:
1. Suprapto
2. Bambang Boediono
3. Bambang Suhendro
4. Iswandi Imran
5. Iwan Suprijanto.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 8 =


Back to top button