Fire Safety

Polri Buka Suara atas Kebakaran di Ruang Baintelkam Kemarin

Api berhasil dipadamkan sekitar tiga menit kemudian dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Jakarta, isafetymagazine.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengaku kebakaran yang terjadi di ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan (Jaksel) tidak menimbulkan dampak sama sekali baginya.

“Informasi dari Wakabik yang berada di lokasi, kebakaran sudah bisa dikendalikan dan tidak ada barang-barang lain yang terbakar,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan pada Jumat (25/11/2022) dini hari.

Kebakaran yang terjadi di ruang Baintelkam akibat gangguan yang dialami dua baterai UPS (uninterruptible power supply). Gangguan ini menimbulkan kepulan asap yang langsung dapat ditangani dengan alat pemadam api ringan (APAR).

“Infonya, ada dua baterai UPS yang mengalami gangguan yang mengakibatkan kepulan asap, saat dipadamkan dengan menggunakan APAR biasa,” ujarnya.

Baterai UPS itu akan dipindahkan keluar kantor oleh teknisi tapi mengalami hubungan pendek arus listrik.

“Mengalami semacam hubungan pendek yang mengakibatkan percikan api,” tuturnya.

UPS berfungsi memasok daya ke peralatan elektronik ketika aliran listrik dari PLN terputus sehingga peralatan itu dapat terus berfungsi.

Sebelumnya diberitakan kebakaran terjadi di salah satu ruang Baintelkam pada Kamis (24/11/2022) malam.

Petugas call center Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan (Damkar Jaksel) Suparno mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran pada Kamus (25/11/2022) sekitar pukul 19.55 WIB.

Api berhasil dipadamkan sekitar tiga menit kemudian dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), tetapi asap tebal kembali muncul pada sekitar pukul 22.15 WIB. Dugaan sementara, asap tebal tersebut berasal dari lokasi pengerjaan panel listrik.

“Nah ini barusan, didatangi lagi, katanya nyala lagi, cuma baru ketahuan asapnya doang, belum ketemu titik apinya,” kata Suparno.

Suparno mengatakan Damkar Jaksel telah menurunkan 15 unit kendaraan damkar dan 65 personel untuk menangani situasi

Petugas Damkar mengeluarkan asap di ruang Baintelkam Mabes Polri, Jalan Trunojoyo pada Kamis (24/11/2022) tengah malam.

Petugas Call Center Dinas Damkar Jaksel Suparno menyebutkan sebanyak 14 unit damkar sudah meninggalkan Mabes Polri. Namun, satu unit damkar dengan lima personel masih berjaga-jaga.

“Dikhawatirkan ada penyalaan kembali, maka itu stand by,” kata Suparno,

Menyinggung penyebab munculnya asap tebal belum dapat dijelaskan secara rinci karena para petugas masih mengumpulkan laporan dari lapangan. (ant/adm)

Tampilkan Lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

Back to top button