OHSRegional News

Rini Soemarno Mewacanakan Akan Membentuk Direktorat Khusus Keselamatan Keamanan Kerja

JAKARTA, ISafetyMagz.com – Insiden kecelakaan kerja kembali terjadi pada Selasa (20/2/2018) dini hari. Kecelakaan kali ini terjadi pada proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang merupakan proyek pekerjaan PT. Waskita Karya (Persero).

Akibat peristiwa ini, tujuh orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke RS UKI Cawang, Jakarta Timur.

Ini merupakan insiden proyek infrastruktur pemerintah ke-14 yang mengalami kecelakaan kerja.

Oleh sebab itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mewacanakan membentuk direktorat yang khusus menangani keamanan kerja di setiap proyek infrastruktur di Indonesia.

“Sebentar lagi akan ada rapat pemegang saham. Saya sedang melihat perlukah adanya direktorat yang bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap keamanan,” ujar Rini saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Selasa (20/2/2018).

Sektor keamanan dan keselamatan kerja dalam sebuah proyek infrastruktur selama ini dipegang oleh GM masing-masing perusahaan BUMN. Oleh karenanya, sering terjadi kelonggaran dalam prosedur keamanan dan keselamatan kerja.

“Dulu, secara konstruksi ada di satu titik, GM bertanggung jawab menyeluruh. Tapi ya saat ini menurut saya keselamatan harus dari pusat agar independen sifatnya,” ujar Rini.

Rini beserta jajarannya masih mengkaji apakah direktorat itu akan ditempatkan di kementeriannya atau di setiap perusahaan BUMN yang ada.

Sampai saat keputusan tersebut diambil nanti, Rini telah menginstruksikan kepada seluruh perusahaan BUMN untuk benar-benar mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja saat mengerjakan proyek infrastruktur.

Menurut dia, jangan sampai terjadi lagi kecelakaan kerja yang memakan korban.

Terkait sanksi, Rini menyerahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Kami saat ini masih berkoordinasi dengan Kementerian PUPR sebagai menteri teknis untuk akhirnya sanksinya seperti apa”, ujarnya. (Rjl)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 3 =


Back to top button
Close
Close