Regional News

Satgas Citarum Pergoki 19 Pabrik yang Buang Limbah ke Sungai

BANDUNG, ISafetyMagz.com – Satgas Citarum Harum Sektor 21 sudah menemukan 19 pabrik yang buang limbah cair ke sungai. Semua pabrik yang kepergok buang limbah secara tersembunyi pada siang hari.

Komandan Sektor 21 Citarum Harum Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengaku cukup kesulitan untuk melacak pabrik yang buang limbah. Pasalnya, sambung dia, pembuangan akhir limbah tersembunyi.

“Yang jelas semua pembuangan di taruh di tempat yang tersembunyi,” kata Yusep saat dihubungi detikcom via pesan singkat, Senin (30/4/2018).

Ia menuturkan Sektor 21 yang memiliki 200 personel harus bergerak melacak jalur pembuangan awal limbah pabrik. Nantinya, sambung dia, personel di lapangan akan menelusuri pembuangan akhirnya.

“Tempatnya tersembunyi jadi harus di telusuri limbah itu dari mana awalnya makanya ketahuan. Apalagi buangnya waktunya tidak tentu, jadi harus tahu momentum,” ungkap dia.

Dia mengatakan dalam kurun waktu satu bulan, Sektor 21 sudah menemukan 19 pabrik buang limbah cair ke sungai Citarum. Tak tanggung-tanggung, limbah dibuang pada siang hari.

“Rata-rata buangnya justru siang hari, bukan malam yang kami temukan. Tapi waktunya enggak menentu,” kata Yusep.

Petugas di lapangan melakukan tindakan dengan mengambil dokumentasi dan sampel limbah. Kemudian sampel tersebut diberikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk uji laboratorium.

Sumber : http://news.detik.com/read/2018/04/30/131006/3997735/486/satgas-citarum-pergoki-19-pabrik-yang-buang-limbah-ke-sungai

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 8 =


Back to top button