DesignFeaturedRegional News

Utamakan Safety, Waskita Pastikan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput Siap Diresmikan

JAKARTA, isafetymagz.com – Pembangunan proyek Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Jakarta Selatan, mendekati akhir. Proses pembangunannya sudah mencapai 98 persen dan siap diresmikan.

Demikian ditegaskan Henri Filia, Project Manager (PM) Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

“Proses pembangunannya sudah mencapai 98 persen dan kini sedang memasuki tahap finishing. Alhamdulillah semuanya berlangsung safety,” kata Henri Filia saat ditemui isafetymagz.com di lokasi proyek, Senin (25/3/2019).

HENRI FILIA, PM RUSUN TANAH TINGGI PASAR RUMPUT. (Foto: isafetymagz.com/Hasanuddin)

Ketika mengunjungi lokasi proyek, para pekerja tampak tengah mengerjakan proses penyelesaian. Sebanyak 1.314 unit pasar yang terletak di lantai 1 dan 2 dan 41 unit toko di lantai 1 bahkan siap digunakan.

Menurut Henri, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput merupakan satu-satunya rusun di Indonesia yang di dalamnya terdapat pasar tradisional. Lokasi dibangunnya Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput sebelumnya memang pasar tradisional.

PASAR

Pasar dimaksud, terdiri atas pasar kering yang berjumlah 1.175 unit dan pasar basah sejumlah 139 unit seluas 12.433 m2 di lantai 1 dan 2. Waskita Karya selaku kontraktor, memastikan bahwa pihaknya sudah memperhatikan seluruh prosedur pembangunan pasar sehingga pasar tersebut nantinya tidak saja higienis tetapi juga safety.

Ketika menyambangi lokasi proyek pada hari itu, SVP QHSE Waskita Karya Subkhan dan Henri Filia tampak sedang memeriksa lubang pembuangan air yang ada di pasar basah. “Ini sudah benar, lubang jangan dibuat di pinggir, tetapi harus di tengah,” kata Subkhan.

SVP QHSE Waskita Karya Subkhan (kanan) tengah memeriksa pasar basah di Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput didampingi PM Henri Filia (kiri). (Foto: isafetymagz.com/Hasanuddin)

Menurut Henri, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput terdiri atas 3 tower dengan 1.984 unit. Masing-masing memiliki luas 36 m2, yang terdiri atas dua kamar, ruang keluarga, dapur, 1 kamar mandi, dan ruang servis. “Hunian ada di lantai 4 hingga 25,” kata Henri yang sebelumnya menggarap proyek Rusun Atlet Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain pasar, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput dilengkapi fasilitas 18 lift yang terdiri atas 12 unit penumpang dan dua unit barang. Lalu ada area parkir seluas 7.321 m2 yang mampu menampung 135 mobil dan 551 sepeda motor. Fasom fasus seluas 6.302 m2, termasuk sebuah masjid indah di lantai 3.

Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput juga terintegrasi dengan TransJakarta sehingga memudahkan para penghuninya bepergian.

Koridor dari Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput yang terintegrasi ke TransJakarta. (Foto: isafetymagz.com/Hasanuddin)

Menurut rencana, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput milik Kementerian PUPR yang dibangun dalam upaya penyediaan 1 juta unit rumah di DKI Jakarta ini akan diresmikan di bulan April 2019 ini. Sebab, masa pengerjaan Rusun yang pembangunannya dimulai pada 1 September 2016 ini akan berakhir pada 31 Maret 2019.

MASJID

Sekadar membuka catatan, pembangunan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput sempat dihentikan sementara selama satu bulan oleh pemerintah terkait kecelakaan kerja yang terjadi pada  Maret 2018 dan menewaskan satu warga yang tengah berbelanja di pasar yang lokasinya berdampingan dengan lokasi proyek.

Waskita pun berbenah dan melakukan evaluasi. Sejak itu, seluruh proses kerjanya benar-benar mengutamakan aspek safety (K3). Dan, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput pun kini berdiri tegak dan siap diresmikan. (Hasanuddin)

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 9 =


Back to top button