Regional News

Angin Puting Beliung Melanda Yogyakarta

YOGYAKARTA, ISafetyMagz.com – Angin puting beliung melanda sebagian wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Akibatnya, atap rumah warga bertebangan, pagar roboh dan pohon-pohon bertumbangan.Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Pantauan detikcom, angin puting beliung terjadi di kawasan Timoho, Kota Yogyakarta hingga wilayah Sorowajan, Bangunatapan, Bantul yang letakkan berbatasan. Beberapa bangunan seperti atap rumah baik genting, seng asbes rusak. Beberapa pohon juga tumbang. Bahkan beberapa gerobak milik pedagang juga rusak.

Seorang warga, Kabul (63) menjelaskan, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Angin puting beliung tersebut muncul secara tiba-tiba dari arah barat ke timur.

Bangunan milik Kabul Galeri rusak Foto: Usman Hadi/detikcom

“Kejadiannya tanpa dikira-kira. Dari arah barat muncul angin kayak tornado,” kata Kabul kepada wartawan di Jalan Ipda Tut Harsono, Timoho Yogyakarta, Selasa (24/4/2018).

Akibat puting beliung tersebut, Kabul Galery dan lesehan bakmi Jawa miliknya di Jalan Timoho nomor 313 rusak parah. Kabul mengaku rugi ratusan juta rupiah.

“Bangunan yang kemarin baru saya bangun di lantai dua rusak. Beruntung karyawan saya semuanya selamat,” ucapnya.

Menurutnya, angin puting beliung ini tidak hanya memperokporandakan rumahnya. Tetapi juga rumah warga lainnya, terutama warga Kampiung Gendeng, Gondokusuman.

“Tadi kan kejadiannya jam 14.00 WIB. Awalnya tidak ada hujan, tiba-tiba muncul angin besar. Hampir setengah jam angin puting beliung tersebut terjadi,” ungkapnya.

“Ini banyak rumah di belakang galery milik saya yang juga terdampak. Rumah rusak, terutama bagian genteng. Juga banyak pohon bertumbangan.” ungkap Kabul.

Sementara warga lain di Kampung Sorowajan Banguntapan menambahkan, Andrianto (40) menambahkan angin kencang dari barat ke arah timur terlihat hingga sebelah timur Sungai Gajah Wong yang bereda di perbatasan, Timoho Kota Yogyakarta dengan Banguntapan Bantul.

“Kejadiannya cepat sekali. Angin kencang itu terus bergerak ke tenggara, setelah itu baru ada hujan,” katanya.

Menurutnya saat ini, rumah warga yang rusak terutama genteng rumah yang melorot mulai diperbaiki.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3988160/angin-puting-beliung-sapu-wilayah-yogyakarta

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 9 =


Back to top button
Close
Close