Regional News

BMKG : Kecil Potensi Gempa Susulan Lebih Besar di Banjarnegara

JAKARTA, ISafetyMagz.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tektonik di Banjarnegara, Jawa Tengah, semakin stabil. BMKG mengatakan potensi gempa yang lebih besar sangat kecil.

“Dengan memperhatikan gempa susulan yang magnitudo kekuatannya jauh lebih kecil dari gempa utama, jadi gempa utamanya 4,4, gempa susulannya 2,6, maka tampak bahwa kondisi gempa ini semakin stabil. Sangat kecil potensi terjadi gempa susulan yang lebih besar,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantor BMKG Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Pantauan BMKG hingga hari ini pukul 15.00 WIB, tercatat hanya sekali gempa susulan dengan kekuatan 2,6 Magnitudo, yang terjadi pada Rabu pukul 23.32 WIB. BMKG meminta masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya tetap tenang karena gempa susulan yang terjadi lebih kecil dari gempa sebelumnya.

Selain itu, pantauan BMKG menunjukkan tingkat guncangan terbesar terjadi di Kecamatan Kalibening, Banjarnegara, pada skala II SIG BMKG. “Yang artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, dan bangunan dengan konstruksi lemah bisa mengalami kerusakan,” kata Dwikorita.

Gempa di Banjarnegara terjadi akibat aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber BMKG menunjukkan gempa ini dipicu oleh aktivitas sesar lokal yang belum teridentifikasi di dalam peta sumber bahaya gempa bumi.

“Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya yang sangat dangkal, tampak bahwa gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas sesar aktif,” ucapnya.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak mudah percaya terhadap isu hoax terkait gempa Banjarnegara. “Agar tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD serta informasi dari BMKG. Jangan terpancing isu yang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Sumber :

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button