Regional News

BPBD Bagikan Ribuan Masker di Magelang

MAGELANG, ISafetyMagz.com – Area sebaran abu di wilayah Kabupaten Magelang sebagai dampak letusan freatik Gunung Merapi, pagi ini semakin meluas. Kondisi tersebut membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kembali terjun ke lapangan untuk membagikan masker kepada masyarakat.

“Masker kita bagikan ke sekolah-sekolah dan pengguna jalan. Ada beberapa titik pembagian masker pagi ini di antaranya di Kecamatan Dukun dan Kecamatan Borobudur,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto kepada detikcom,Kamis (24/5/2018).

Edi menyebutkan, pembagian masker kali ini lebih cenderung ke anak-anak sekolah lantaran mereka beraktivitas di luar rumah. Petugas juga sekaligus mensosialisasikan penggunaan masker dan kondisi Gunung Merapi.

“Jumlah masker yang dibagi pagi ini sebanyak 1.000 masker di Borobudur dan 4.000 masker di Dukun,” sebut Edi.

Terkait dengan hujan abu pagi ini, Edi memastikan bahwa kondisi masih tetap normal. Meski demikian, dirinya belum bisa menyebutkan titik mana saja yang diguyur hujan abu dan pasir.

“Sampai saat ini belum ada laporan pasti daerah mana saja yang kena hujan abu disertai pasir. Karena ini nanti berkaitan dengan penelitian BPPTKG, saya belum bisa menyampaikan mana saja yang hujan abu serta pasir,” terangnya.

BPBD Magelang bagikan masker kepada warga. Foto: Pertiwi/detikcom

Berdasarkan data yang ada di Pusat pengendalian dan operasi (pusdalops) BPBD Kabupaten Magelang, ada 15 titik dari 21 kecamatan yang ada diguyur hujan abu pagi ini. Yakni Tegalrandu, Sumber, Dukun, Ngadipuro, Banyubiru, Muntilan, Kota Mungkid, Menayu, Kalibening, Salaman, Tempuran, Sedayu, Sawangan, Mungkid.

“Ada informasi sebaran abu sampai perbatasan Magelang-Purworejo, tapi kami belum bisa memastikan karena tidak ada laporan masuk,” katanya.

Sampai saat ini, BPBD Kabupaten Magelang tetap meminta masyarakat untuk tenang dan tidak panik menghadapi aktivitas Gunung Merapi.

“Karena sesuai laporan BPPTKG, status Gunung Merapi masih aman,” tandasnya.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4035797/hujan-abu-erupsi-merapi-bpbd-bagikan-ribuan-masker-di-magelang

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =


Back to top button