Regional News

Hujan diSertai Angin Kencang di Blitar : 1 Orang Tewas, 40 Rumah Rusak

BLITAR, ISafetyMagz.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar merilis jumlah korban terdampak angin kencang di wilayah utara Blitar, Sabtu (31/3). Disebutkan, satu korban meninggal dunia, dua korban terluka dan 40 rumah warga rusak tertimpa pohon serta lima tiang listrik roboh.

Dampak paling parah terjadi di Kecamatan Nglegok. Angin kencang menerjang enam desa, yakni Kelurahan Nglegok, Desa Dayu, Modangan, Jiwut, Krenceng dan Bangsri.

“Korban yang meninggal atas nama Ibu Kasini atau Mbok Jemprit berusia 60 tahun. Korban merupakan warga Modangan Rt 02/07,” jelas petugas Pusdalop BPBD Kabupaten Blitar, Charis, saat dikonfirmasi, Minggu (1/4/2018).

Saat terjadi angin kencang disertai hujan deras, korban berteduh di gubuk tengah sawah. Tetangga korban sempat meminta korban untuk pulang. Tapi korban memilih bertahan sehingga gubuk roboh karena menimpa korban.

Bupati Blitar Rijanto mendatangi rumah duka semalam. Selain mengungkapkan duka cita, dia juga memberikan bantuan ke keluarga korban.

Sementara di daerah Penataran, mobil Honda CRV tertimpa pohon tumbang. Mobil itu milik Yudi pengurus Kolam Renang Penataran.

Wilayah lain yang terdampak cukup parah adalah Kecamatan Garum. Di dua kelurahan, yakni Tawangsari dan Bence, Pusdalop mendata sebanyak 7 rumah dan dua sekolah rusak tertimpa pohon tumbang.

“Satu pohon tumbang mengenai rumah Mastur warga Bence. Terdapat korban istri dan anak Bapak Mastur yang tertimpa genteng atap rumah yang mengakibatkan luka-luka. Saat ini dibawa ke RS Mardi Waluyo Blitar,” imbuh Charis.

Dua sekolah yang dilaporkan mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon yakni SDN Tawangsari II dan Sekolah Madrasah Diniyah “Miftahul Huda”.

Saat ini TNI-Polri bersama masyarakat sedang bekerja bakti membersihkan pohon-pohon yang tumbang. Assesment juga dilakukan pada rumah yang rusak. BPBD Kabupaten Blitar membuka dapur umum sampai situasi kembali normal.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3946871/hujan-disertai-angin-di-blitar-1-orang-tewas-40-rumah-rusak

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button