Regional News

Tumpahan Minyak di Pulau Pari Diduga Karena Air ballast

JAKARTA, ISafetyMagz.com – Minyak yang tumpah di Pulau Pari, Kepulauan Seribu diduga akibat karena buangan air ballast dari kapal. Kapal-kapal yang melintas di perairan Kepulauan Seribu diduga membuang air ballast ke laut.

“Dugaannya (karena air ballast). Ada ribuan kapal itu melintas di Pulau Seribu,” kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Yusen Herdiman, kepada detikcom, Minggu (8/4/2018).

Air ballast adalah air pemberat kapal. Air itu kadang-kadang dibuang begitu saja menyesuaikan kondisi yang dihadapi kapal. Bila air ballast berasal dari kapal tanki pengangkut minyak, maka airnya bisa juga bercampur minyak.

Yusen menjelaskan, penyebab minyak di Pulau Pari karena air ballast itu masih dugaan awal. Sebab menurutnya, ada kemungkinan lain yang menjadi penyebab munculnya minyak di Pulai Pari.

“Tahun lalu sudah pernah, karena air ballast, itu beda sama di Balikpapan minyak tumpah, kita nggak bisa, nggak ada bukti sih, (penyebabnya) air ballast bisa, bocoran tengki juga bisa,” ujarnya.

Yusen kemudian memaparkan seperti apa air ballast yang dibuang kapal-kapal saat melintas di laut. Katanya, air ballast cenderung berwarna bening.

“Air ballast itu agak bening, nggak terlalu pekat hitam. Makanya ini dugaannya bisa kilang minyak, bisa air ballast,” jelasnya.

“Ada tempo lalu pernah (kejadian) tidak terlalu hitam, mungkin itu air ballast karena memang bukan sekali ini kejadian di Pulau Seribu. Tapi kan hanya sekian meter beda dengan Balikpapan. Ini kan arus laut ya bisa jadi dari kepulauan sana angin timur kan ada Indramayu, ada kilang minyak kita kan nggak tahu juga. Lalin (kapal) nanti lewat pulau seribu,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Yusen mengatakan, kapal-kapal yang melintas memiliki aturan untuk pembuangan air ballast. Dikatakannya, kapal tidak diperbolehkan membuang air ballast di tengah laut.

“Kapal dilarang buang air ballast di tengah lautan,” katanya.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3960842/tumpahan-minyak-hitam-di-pulau-pari-diduga-karena-air-ballast

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =


Back to top button